Find and Follow Us

Rabu, 24 Juli 2019 | 11:27 WIB

OJK: Buka Rekening Efek Via Online Tanpa Target

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 28 Maret 2019 | 12:53 WIB
OJK: Buka Rekening Efek Via Online Tanpa Target
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen - (Foto: Inilahcom/M Fadil Djailani)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan program Simplifikasi Pembukaan Rekening Efek dan Rekening Dana Nasabah Secara Elektronik.

Dengan harapan bisa mengerek inklusi jasa keuangan di pasar modal, sekaligus menambah jumlah investor retail. "Pembukaan rekening kita memang berharap investor retailnya makin banyak karena selama ini keluhannya katanya buka rekeningnya lama, maunya cepet buka rekening terus bisa trading," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen di Gedung BEI Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Meski begitu, Hoesen tidak bisa memastikan seberapa banyak jumlah investor yang akan bertambah dari kebijakan anyar ini. "Kalau target saya engga berani, nanti sering minta maaf karena target engga tercapai jadi kita ngikut saja jadi mudah-mudahan target meningkat signifikan, angkanya ngga bisa sebut," katanya.

Namun yang jelas kata Hoesen pembukaan rekening efek secara online ini akan memberikan dampak pemprosesan yang lebih cepat ketimbang dengan cara yang konvensional.

"Cepatnya sekitar di bawah 30 menit. katanya tadi ini kan inisiatif ada di SRO terutama KSEI dengan bank dan pelaku jadi menurut informasi dan sudah dilakukan pilot katanya di bawah 30 menit, harapannya (jumlah) investor meningkat," kata Hoesen.

Ketentuan mengenai program penyederhanaan ini telah diatur oleh OJK dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) Nomor 6/SEOJK.04/2019 tentang Pedoman Pembukaan Rekening Efek Nasabah dan Rekening Dana Nasabah Secara Elektronik Melalui Perusahaan Efek yang Melakukan Kegiatan Usaha Sebagai Perantara Pedagang Efek.

SEOJK tersebut berisi pedoman teknis pembukaan Rekening Efek Nasabah dan Rekening Dana Nasabah secara elektronik, penyediaan Customer Due Diligence (CDD) pihak ketiga, serta pedoman formulir pembukaan rekening untuk nasabah individual.

Penerbitan SEOJK tersebut bertujuan agar pelaksanaan CDD dapat tetap sesuai dengan ketentuan peraturan, namun juga tetap efisien dan memudahkan aktifitas transaksi di Pasar Modal.

Inisiatif penyederhanaan pembukaan Rekening Efek dan Rekening Dana Nasabah tersebut merupakan dukungan terhadap Perusahaan Efek dalam memberikan layanan transaksi kepada nasabah secara online.

Jika sebelumnya, mekanisme on boarding atau pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah masih dilakukan manual dan memakan waktu lama, dengan terbitnya SEOJK ini akan memungkinkan Perusahaan Efek memberikan layanan pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah lebih cepat dan menjangkau wilayah yang luas. [hid]



Komentar

Embed Widget
x