Find and Follow Us

Rabu, 16 Oktober 2019 | 08:50 WIB

Laporan Keuangan Janggal

Petinggi BEI Panggil Manajemen AISA Jumat

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 28 Maret 2019 | 00:29 WIB
Petinggi BEI Panggil Manajemen AISA Jumat
Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia berencana memanggil manajemen PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) yang baru, untuk mengklarifikasi laporan investigasi yang dinilai janggal.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan, BEI akan memanggil manajemen AISA pada Jumat (29/3/2019). "Terkait laporan investigasi AISA. Bursa telah mempelajari report tsb dan melakukan mapping atas hal2 penting utk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut dari Perseroan," kata Nyoman di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

"Bursa sudah mengirimkann undangan utk pemanggilan (hearing) ke management Perseroan. Pelaksanaan hearing akan dilaksanakan pada hari Jumat ini," tambah Nyoman.

Seperti diketahui, Kantor Akuntan Publik yang berafiliasi dengan Ernst & Young dalam laporan auditnya menemukan kelebihan pengakuan atau overstatement piutang, persedian dan aset tetap Grup TPSF sebesar Rp4 triliun.

Menurut Akuntan Publik Deni R Tama, bahwa di penjualan juga terdapat kelebihan pengakuan sebesar Rp662 miliar, serta EBITDA entitas Food sebesar Rp329 miliar.

Disamping itu, terdapat dugaan aliran dana sebesar Rp1,78 triliun dari grup TPSF kepada pihak-pihak yang terafiliasi dengan manajemen lama. Rincinya, aliran dana tersebut dengan menggunakan pencairan pinjaman grup TPSF dari beberapa bank oleh pihak terafiliasi grup TPSF.

Padahal, dalam laporan keuangan AISA tahun 2017, hal itu tidak dicantumkan sebagai transaksi terafiliasi. Sehingga berpotensi melanggar peraturan terkait transaksi afiliasi dan benturan kepentingan transaksi tertentu. [ipe]




Komentar

Embed Widget
x