Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 21:21 WIB

Berapa Kebutuhan Dana Saat Pensiun?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 24 Maret 2019 | 16:12 WIB
Berapa Kebutuhan Dana Saat Pensiun?
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, New York - Penulis dan guru keuangan pribadi Suze menanggapi pertanyaan tentang gerakan "kemandirian finansial, pensiun dini," atau tren online yang berkembang di mana orang-orang berusia 30-an atau lebih muda berhenti bekerja.

"Anda membutuhkan setidaknya $ 5 juta, atau $ 6 juta. Sungguh, Anda mungkin membutuhkan $ 10 juta,' tegas Suze Orman seperti mengutip marketwatch.com.

Umumnya, orang-orang ini bertujuan jauh lebih rendah, lebih seperti US$1 juta atau lebih, lalu sesuaikan biaya hidup mereka ke bawah.

Orman berkata terlalu banyak hal yang bisa salah. "Anda membutuhkan setidaknya US$5 juta, atau US$6 juta," katanya. "Sungguh, Anda mungkin membutuhkan US$10 juta."

Ya, katanya, Anda dapat menghemat banyak uang, berinvestasi, dan berhenti bekerja.

Tetapi Orman merasa bahwa risiko kegagalan keuangan karena sakit, kesalahan investasi, atau bencana ekonomi terlalu tinggi.

"Saya pribadi berpikir itu adalah kesalahan terbesar, secara finansial, Anda akan pernah, pernah membuat dalam hidup Anda," katanya.

"Saya pikir itu hanya konyol. Anda akan terbakar jika Anda bermain dengan api."

Jadi, mari melihat beberapa angka dasar, back-of-the-envelope yang sering digunakan perencana keuangan untuk berbicara tentang pendapatan di masa pensiun.

Salah satunya adalah aturan 4% tua yang baik. Sederhananya, Anda dapat mengambil 4% dari tabungan Anda setiap tahun dan tidak pernah kehabisan uang, dengan asumsi itu diinvestasikan dengan hati-hati. Ini tanggal kembali beberapa dekade tetapi tetap menjadi tolok ukur yang populer.

Beberapa perencana sekarang berpikir bahwa 4% ternyata sedikit menyenangkan, jadi katakanlah 3% sebagai gantinya, hanya untuk aman.

Jika pasangan memiliki US$1 juta dalam program pensiun mereka pada usia 65 dan mengambil Jaminan Sosial, pendapatan mereka secara tahunan akan hanya di bawah US$56.000. Itu US$30.000 dari rencana pensiun dan sekitar $ 26.000 dari Jaminan Sosial.

"Bisakah Anda hidup dengan uang sebanyak itu? Tentu, dan nyaman, di banyak kota dan pinggiran kota AS yang bagus."

Jutaan orang hidup dengan itu atau kurang saat ini. Melakukannya akan jauh lebih mudah jika Anda berhasil pensiun tanpa hipotek atau pembayaran mobil.

Jika Anda mengambil pandangan Orman dan mendapatkan US$5 juta (dengan asumsi Anda memiliki disiplin pendapatan dan tabungan), seperti apa penghasilan pensiun Anda?

Itu US$150.000 dari rencana pensiun, ditambah US$26.000 (mungkin lebih untuk pasangan berpenghasilan tinggi) dari Jaminan Sosial.

Akan sangat mudah untuk hidup dengan US$178.000 setahun. Dan mungkin Anda membutuhkan lebih banyak uang untuk hidup dengan baik di New York atau San Francisco, tetapi tidak di sebagian besar tempat.

Tolok ukur populer lainnya adalah Anda memikirkan kelipatan gaji tahunan Anda. Aturan pensiun Fidelity Investments adalah sebagai berikut: Hemat satu kali gaji Anda pada usia 30, lalu tiga kali gaji Anda pada 40, enam kali pada 50, dan akhirnya 10 kali pada usia 67.

Gaji Anda cenderung naik seiring waktu, berkat kenaikan gaji, peningkatan prospek, dan inflasi normal. Peningkatan kelipatan yang disarankan oleh Fidelity menangkap peningkatan kemampuan Anda untuk menabung dan kekuatan penggabungan investasi.

Metode ini juga cocok dengan gaya hidup individu yang diharapkan dalam masa pensiun. Seseorang yang menghasilkan US$100.000 setahun mungkin membutuhkan US$1 juta pada usia 67, sementara seseorang yang berpenghasilan US$50.000 bisa mendapatkan setengah dari jumlah itu.

Berapa yang harus Anda tabung untuk memiliki US$500.000 pada usia 67? Mulai dari usia 30 dan mendapatkan pengembalian portofolio rata-rata 7,2%, Anda harus menyisihkan US$115,38 dari setiap gaji selama 37 tahun, dengan asumsi Anda dibayar 26 kali setahun.

Matematika itu membuat Anda menjadi US$540.380 pada usia 67. Tidak menuntut uang Orman, tetapi tidak terlalu buruk jika Anda hidup sesuai kemampuan Anda.

Komentar

Embed Widget
x