Find and Follow Us

Jumat, 26 April 2019 | 12:43 WIB

Bursa Saham Eropa Abaikan Beban Negatif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 22 Maret 2019 | 17:01 WIB
Bursa Saham Eropa Abaikan Beban Negatif
(Istimewa)

INILAHCOM, London - Saham Eropa sedikit lebih tinggi pada hari Jumat (22/3/2019). meskipun kekhawatiran atas prospek tenang Federal Reserve dan ketidakpastian Brexit yang sedang berlangsung membebani sentimen.

Indeks acuan eropa, Stoxx 600 hampir 0,2 persen lebih tinggi tak lama setelah bel pembukaan. Dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Melihat saham individu, Aggreko naik ke puncak benchmark Eropa setelah Stifel meningkatkan stok untuk "membeli" dari "tahan." Saham pemasok listrik Inggris naik 4 persen.

Deutsche Bank adalah pemenang top lainnya pada hari Jumat, setelah pemberi pinjaman Jerman menerbitkan laporan tahunannya. Deutsche mengatakan dalam laporannya bahwa anggota dewan manajemen mendapatkan bonus pertama mereka dalam empat tahun pada 2018.

Pemberi pinjaman Jerman telah menjadi berita utama baru-baru ini di tengah pembicaraan merger dengan saingan domestik Commerzbank. Saham naik hampir 2 persen.

Pelaku pasar terus mencerna langkah kebijakan moneter terbaru dari The Fed. Bank sentral AS pada hari Rabu membatalkan semua rencana untuk menaikkan suku bunga tahun ini. Sikap ini mengutip aktivitas ekonomi yang melambat, dan mengatakan akan menghentikan penurunan neraca pada bulan September.

Dalam berita bank sentral lainnya, Bank of England juga mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Kamis, dan mengatakan prospek ekonominya akan "terus bergantung secara signifikan" pada "sifat dan waktu" Brexit.

Uni Eropa menyetujui perpanjangan tanggal penarikan AS dari blok itu, tetapi mengatakan lamanya penundaan akan tergantung pada apakah Parlemen menyetujui kesepakatan Brexit Perdana Menteri Theresa May minggu depan.

Dalam berita politik lainnya, Presiden China, Xi Jinping tiba di Roma Kamis, di mana ia akan menandatangani perjanjian dengan pemerintah yang melihat Italia bergabung dengan rencana infrastruktur "Belt and Road" Beijing.

Langkah ini akan menjadikan Italia sebagai negara G7 pertama yang mendukung inisiatif ini, banyak yang mengecewakan AS dan UE.

Dalam hal data, indeks awal pembelian manajer komposit IHS Markit Perancis turun secara tak terduga menjadi 48,7 di bulan Maret dari 50,4 di bulan sebelumnya. Angka PMI Jerman dan zona euro akan dirilis Jumat pagi.

Komentar

x