Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 06:37 WIB

PT Astra Otoparts Suntik Modal Anak Usaha Rp217 M

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 20 Maret 2019 | 17:23 WIB
PT Astra Otoparts Suntik Modal Anak Usaha Rp217 M
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) meningkatkan kepemilikan saham di anak usaha PT Metalart Astra Indonesia (MAI) senilai Rp217 miliar pada 18 Maret 2019.

Tujuan transaksi ini untuk merestrukturisasi modal sehingga dapat memperbaiki kinerja keuangan PT MAI. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Rabu (20/3/2019).

Peningkatan kepemilikan ini telah mendapatkan pendapat kewajaran dari kantor jasa penilai publik Nirboyo Adiputro dan rekan.

PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) didirikan tanggal 20 September 1991 dan memulai kegiatan komersialnya pada tahun 1991.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Astra Otoparts Tbk adalah Astra International Tbk (ASII) (80,00%).

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan AUTO terutama bergerak dalam perdagangan suku cadang kendaraan bermotor, baik lokal maupun ekspor, dan manufaktur dalam bidang industri logam, plastik dan suku cadang kendaraan bermotor.

Produk-produk suku cadang unggulan Astra Otoparts, antara lain: aki untuk kendaraan roda dua dan roda empat (merek GS, Incoe, dan Aspira), ban untuk kendaraan roda dua dan truk (Aspira dan Aspira Premio), suku cadang kendaraan roda dua dan roda empat (Aspira, Federal, KYB, dan TDW) dan pelumas untuk kendaraan roda empat dan industri (Shell Helix Astra dan HEO (Heavy Equipment Oil)).

Selain itu, Astra Otoparts juga menjalin kerjasama dengan mendirikan anak perusahaan patungan bersama pemasok komponen terkemuka dari Jepang, Eropa, Amerika Serikat, China, dan Taiwan.

Mereka antara lain: Aisin Seiki, Aisin Takaoka, Akashi Kikai Seisakusho, Akebono Brake, Aktiebolaget SKF, Asano Gear, Daido Steel, Denso, DIC Corporation, GS Yuasa, Juoku Technology, Kayaba, Keihin Seimitsu Kogyo, Mahle, MetalArt, NHK Precision, Nippon Gasket, Nittan Valve, Pirelli, SunFun Chain, Toyoda Gosei, Toyota Industries, dan Visteon.

Hari ini saham AUTO berakhir di Rp1.620 per saham dari pembukaan di Rp1.630 per saham.

Komentar

x