Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 21:20 WIB

Tidur Hampir 7 Tahun

BEI Kaji Aktifkan Transaksi Saham BLTA

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 20 Maret 2019 | 11:03 WIB
BEI Kaji Aktifkan Transaksi Saham BLTA
(Foto: Inilahcom/Fadil Djailani)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas pasar modal tengah mengkaji hasil penilaian kembali harga saham PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA) sebelum memutuskan pencabutan setelah mengalami penghentian perdagangan sementara efek hampir 7 tahun.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan tujuan dari kajian tersebut untuk memastikan perlindungan bagi para investor. Jadi kajian hasil penilaian harga saham itu terkait metode, proyeksi dan fundamental emiten pelayaran tersebut.

"Nilainya nanti saya umumin, kan nanti kita menetapkan harga saat nanti memulai lagi diperdagangkan, kita pastikan dulu metode yang dia gunakan termasuk kita bisa diskusi dengan mereka apakah metode-metode yang digunakan sudah sesuai dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai dengan pada posisi kita melihat bahwa pelaksanaan dan metode penilaian sudah sesuai," papar Nyoman saat ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Ia menambahkan, emiten yang telah lama mengalami suspend dipastikan telah mengalami perubahan fundamental. Sehingga pihaknya harus memastikan penilaian yang dilakukan penilai publik yang ditunjuk BLTA telah sesuai dengan peraturan.

"Setelah kita yakin maka nilai harga wajar kita akan umumkan kepada publik dan suspensi dibuka," kata dia.

Saham BLTA mengalami suspensi sejak tahun 2012 dengan harga terakhir Rp196 per lembar. Sedangkan dari sisi kinerj keuangan, pada akhir Desember 2018 mencatatkan laba bersih sebesar US$5,42 juta atau membaik dibanding periode yang sama tahun 2017 yang tercatat rugi bersih sebesar US$8,77 juta. [hid]

Komentar

x