Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 12:37 WIB

Berburu Duit US$1,01 Miliar, Lippo Lakukan Ini

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 12 Maret 2019 | 13:55 WIB
Berburu Duit US$1,01 Miliar, Lippo Lakukan Ini
PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengincar dana segar sebesar US$1,01 miliar. Perusahaan milik Konglomerat James Riady ini melakukan ini.

Dana tersebut akan diperoleh melalui right issue dengan target dana senilai US$730 juta dengan pembeli siaga adalah keluarga Riady melalui PT Inti Anugerah Pratama (IAP). Sedangkan sisanya, senilai US$280 juta berasal dari rencana divestasi aset.

Dalam keterbukaan informasi, Selasa (12/3/2019) LPKR dalam keterangannya mengatakan bahwa rencana pencarian dana segar tersebut merupakan bagian dari rencana transformasi.

"Perseroan telah menetapkan program pendanaan senilai US$1 miliar, terdiri dari dana senilai US$730 juta dari hasil rights issue yang dijamin sepenuhnya oleh keluarga Riady dan dana US$280 juta dari penyelesaian rencana divestasi aset," bunyi keterangan tersebut.

Lebih lanjut program pendanaan itu ditujukan untuk mengoptimalkan neraca LPKR melalui penurunan rasio utang dan pelunasan kewajiban-kewajiban utang hingga US$275 juta, menyediakan buffer likuiditas yang cukup bagi LPKR untuk mendanai kewajiban bunga utang dan sewa REIT hingga akhir tahun 2020, dan mengoptimalkan nilai pemegang saham melalui investasi di proyek-proyek utama yang sedang berjalan.

Untuk itu, perseroan akan mengelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada tanggal 18 April 2019 guna memperoleh persetujuan aksi korporasi itu, serta persetujuan OJK. Tapi perseroan telah menetapkan right issue sebesar Rp235 per lembar saham. [ipe]

Komentar

x