Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 03:21 WIB

IPO Ini Diklaim Terbesar di Asia Tahun Ini

Oleh : Wahid Ma'ruf | Sabtu, 9 Maret 2019 | 01:05 WIB
IPO Ini Diklaim Terbesar di Asia Tahun Ini
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Shanghai - Futu Holdings Ltd., pialang online berbasis di Hong Kong yang didukung oleh raksasa internet China Tencent Holdings Ltd., diharapkan menjadi salah satu dari penawaran umum perdana Asia pertama di tahun 2019.

Perusahaan mengajukan IPO pada akhir Desember dengan daftar tujuan yang dinyatakan di bursa Nasdaq di bawah simbol ticker "FHL." Pada hari Selasa (5/3/2019), perusahaan mengatakan akan menawarkan 7,5 juta American Depositary Shares dalam kesepakatan tersebut, dengan harga masing-masing $ 10 hingga $ 12.

Goldman Sachs, UBS dan Credit Suisse adalah penjamin emisi dalam kesepakatan tersebut. Hasil akan digunakan untuk tujuan umum perusahaan, termasuk penelitian dan pengembangan, untuk mendanai modal kerja dan untuk menutupi peningkatan persyaratan modal peraturan di Hong Kong dan yurisdiksi lain, menurut prospektus pendahuluan.

Futu telah menikmati pertumbuhan yang kuat dalam beberapa tahun terakhir, menumbuhkan stafnya menjadi 561 karyawan pada akhir September. Ini memiliki hubungan dekat dengan Tencent 0700, -2,31% TCEHY, -3,22%: Kepala Eksekutif Leaf Hua Li, pendiri Futu, adalah karyawan pendiri Tencent ke-18, sementara Chief Technology Officer Ppchen Weihua Chen adalah pakar teknologi senior di Tencent.

Perusahaan memiliki pendapatan sebesar HK $ 584 juta (US$74,6 juta) dalam sembilan bulan yang berakhir pada bulan September, naik dari HK $ 178 juta pada periode tahun sebelumnya. Ini membukukan laba pertama, sebesar HK $ 100 juta, untuk periode tersebut, setelah kehilangan HK $ 38 juta pada periode tahun sebelumnya.

Perusahaan menghasilkan pendapatan dalam bentuk komisi dan biaya penanganan dari broker online, dan pendapatan bunga dari pembiayaan margin dan layanan pinjaman sekuritas, pendapatan bunga dari deposito bank dan pendapatan bunga dari pembiayaan IPO. Ia mengatur pembiayaan untuk klien. Perusahaan ini mendapat manfaat dari munculnya kelas orang kaya di Cina yang telah mendorong permintaan yang kuat untuk layanan manajemen kekayaan.

Pasar AS populer di kalangan perusahaan China pada 2018, ketika 32 di antaranya terdaftar, jumlah tertinggi dalam sembilan tahun, menurut Kathleen Smith, kepala sekolah di Renaissance Capital, penyedia dana yang diperdagangkan di bursa IPO.

"Banyak yang beralih ke AS karena pasar saham asal mereka bernasib buruk," katanya.

Shanghai Composite mengakhiri tahun ini dengan penurunan sekitar 25%, kinerja tahunan terburuk sejak 2008, puncak krisis keuangan. Komposit Shenzhen turun 33%, dan Hang Seng turun sekitar 14%.

Tetapi pengembalian rata-rata untuk 32 perusahaan yang terdaftar di AS adalah negatif 12%, berkinerja buruk di pasar IPO yang lebih luas, yang menunjukkan pengembalian negatif sebesar 1,9%.

"Ini kinerja relatif buruk dari IPO Cina di pasar AS pada 2018 dan kinerja saham broker yang lemah secara umum dapat membuat penilaian investor sensitif terhadap IPO Futu," kata Smith.

"Namun, investor kemungkinan akan tertarik dengan IPO Futu karena pertumbuhan luar biasa dalam bisnis dan profitabilitasnya."

Sejak diluncurkan pada 2012, Futu telah meningkatkan basis pengguna menjadi 5,3 juta dan menawarkan lebih dari 457.000 klien terdaftar, didefinisikan sebagai pengguna yang telah membuka akun perdagangan, dan lebih dari 124.000 klien yang membayar, didefinisikan sebagai klien dengan aset di akun perdagangan mereka.

Perusahaan ini memungkinkan para investor daratan Tiongkok untuk berdagang saham di Hong Kong dan AS.

Dalam enam bulan pertama tahun 2018, perusahaan itu memperantarai HK $ 478,2 miliar dalam perdagangan klien, menurut prospektusnya.

Platform perusahaan, yang disebut FutuNiuNiu, dapat diakses di perangkat seluler seperti ponsel cerdas, tablet, atau komputer desktop dan menawarkan berita, data, penelitian, alat analitik, dan media sosial.

Berikut 5 hal yang perlu diketahui tentang Futu sebelum IPO-nya:
Ia memiliki basis pelanggan yang muda dan loyal

Futu mengatakan klien rata-rata berusia 34 tahun dan biasanya berpenghasilan tinggi, dengan 45% bekerja di bidang IT, internet, dan layanan keuangan. Sejak awal 2017, ia mempertahankan sekitar 97% dari basis klien pembayarnya, menurut prospektusnya.

Futu merancang platformnya dengan tujuan memungkinkan akses ke investasi murah untuk semua orang, termasuk pelanggan dengan sedikit atau tanpa pengalaman pasar. Tarif komisinya sekitar seperlima dari harga rata-rata yang ditawarkan oleh para pemain terkemuka di Hong Kong, menurut prospektusnya, mengutip laporan industri yang ditugaskan dari Oliver Wyman Consulting (Shanghai) Ltd.

Laporan yang sama menemukan bahwa Hong Kong adalah pasar sekuritas online keempat terbesar di dunia, dengan volume perdagangan tahunan tumbuh menjadi US$1,6 triliun pada 2017 dari US$404,5 miliar pada 2012, sama dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 31,3%.

Komentar

Embed Widget
x