Find and Follow Us

Rabu, 24 Juli 2019 | 11:30 WIB

BEI Fasilitasi Perdagangan Kontrak Berjangka

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 8 Maret 2019 | 15:01 WIB
BEI Fasilitasi Perdagangan Kontrak Berjangka
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mengembangkan fasilitas perdagangan elektronik beragam produk investasi dan pasar uang.

Ke depan, tidak menutup kemungkinan BEI juga akan menyediakan wahana perdagangan kontrak berjangka seperti yang dilakukan Bursa Berjangka pada umumnya.

"Bisa, tapi sementara kita belum lihat bentuknya seperti apa," jawab Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono W Widodo, ketika ditanya awak media terkait wacana fasilitasi perdagangan kontrak berjangka di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Sementara itu, BEI tengah mengembangkan wahana perdagangan elektronik untuk efek bersifat surat utang pasar sekunder baik yang diterbitkan pemerintah maupun korporasi.

Rencananya, wahana yang bertajuk Elektronik Trading Flatform (ETF) itu, akan diluncurkan pada kuartal IV 2019. "ETF itu nantinya menampung perdagang sekunder surat utang dan produk derivatif seperti Indonesian Goverment Bond Future," terang dia.

Hal itu sebagai respon dari Peraturan OJK Nomor 9/POJK/2019 tentang Perantara Pedagangan Efek untuk Efek Bersifat Utang dan Sukuk. Beleid baru ini mengatur perdagangan sekunder obligasi dan Surat Utang Negera, yang selama ini lebih banyak dilakukan di luar bursa tanpa peraturan dan pengawasan. [hid]

Komentar

Embed Widget
x