Find and Follow Us

Selasa, 22 Oktober 2019 | 03:00 WIB

Usai Pemilu, BBKP Ancang-ancang Keluarkan Obligasi

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 22 Februari 2019 | 13:55 WIB
Usai Pemilu, BBKP Ancang-ancang Keluarkan Obligasi
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) tengah mempersiapkan penerbitan obligasi dengan target dana Rp1 triliun hingga Rp2 trililun.

Jika tidak ada aral melintang, aksi korporasi ini bakal dilakukan usai Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019. "Bayangan kita, kuartal III atau IV akan menerbitkan Obligasi senilai Rp1 triliun hingga Rp2 triliun, dengan mempertimbangkan kondisi pasar setelah tanggal 17 April (Pemilu)," kata Direktur Keuangan dan Perencanaan BBKP, Rachmat Kaimuddin di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Menurut Rachmat, sasaran perseroan menerbitkan obligasi adalah menjaga likuiditas serta menopang pertumbuhan kredit sebesar 8% di 2019. Penerbitan obligasi untuk penguatan likuiditas, terutama menjembati pendanaan dari sumber jangka pendek menjadi lebih panjang.

Di mana, LDR (Loan to Depocit Ratio) BBKP per 30 September 2018 mencapai 89%. "Perbankan biasanya banyak sumber jangka pendek, maka obligasi akan memperpanjang maturity sumber dana kita," jelas dia.

Pada saat yang sama, kata dia, Bank Bukopin mempersiapkan penerbitan EBA (Efek Beragun Asset) dengan jaminan tagihan berkualitas. Target dana ditetapkan Rp1 triliun. "Misalnya aset agunan berupa KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) dan kredit konsumen," kata dia. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x