Find and Follow Us

Minggu, 19 Mei 2019 | 20:02 WIB

Saudi Bantah Tawar Klub MU dengan Dana Publik

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 18 Februari 2019 | 07:01 WIB
Saudi Bantah Tawar Klub MU dengan Dana Publik
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Riyadh - Arab Saudi pada hari Minggu (17/2/2019) membantah laporan bahwa Putra Mahkotanya sedang mengajukan tawaran untuk mengakuisisi klub sepak bola Manchester United menggunakan dana investasi publik.

Dalam sebuah tweet, diterjemahkan oleh Google, Menteri Media Saudi Turki Alshabanah mengatakan: "Berita bahwa keinginan Pangeran Mohammed bin Salman untuk memperoleh Manchester United benar-benar tidak berdasar. Bahkan, klub mengadakan pertemuan dengan Dana Investasi Publik untuk membahas proyek sponsor iklan, dan Dana mendengarkan proposal sebagai investasi apa pun dan tidak menghasilkan hasil apa pun."

Dana Investasi Publik adalah dana kekayaan negara Arab Saudi, dengan sekitar 200 investasi global dan aset sekitar US$230 miliar pada tahun lalu, menurut Bloomberg News. Arab Saudi telah menggunakannya untuk semakin berinvestasi dalam bisnis yang beragam dalam upaya untuk menyapih negara dari ketergantungan pada minyak.

Pada bulan Oktober, Sun pertama kali melaporkan bahwa putra mahkota, yang sering disebut dengan inisialnya, MBS, sedang dalam pembicaraan untuk membeli klub Liga Premier Inggris lebih dari US$3,8 miliar. Meskipun itu tampaknya disimpan di tengah serangan balik ke Arab Saudi setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul seperti mengutip marketwatch.com..

Arab Saudi telah membantah bahwa putra mahkota terlibat dalam pembunuhan itu, tetapi anggota parlemen AS mengatakan pada bulan Desember tidak ada keraguan MBS bertanggung jawab untuk itu setelah pertemuan tertutup dengan Sekretaris Negara Mike Pompeo dan Sekretaris Pertahanan Jim Mattis. Pemerintahan Trump sejauh ini menolak untuk mengutuk MBS.

The Sun melaporkan Minggu (17/2/2019) bahwa MBS telah mempermanis tawarannya menjadi sekitar US$4,9 miliar, dan berharap untuk membeli klub untuk melanjutkan persaingannya dengan Sheikh Mansour dari keluarga kerajaan Abu Dhabi, yang memiliki klub Manchester City.

Manchester United dimiliki oleh keluarga Glazer, yang juga memiliki Tampa Bay Buccaneers NFL. Keluarga ini dilaporkan tidak tertarik untuk berjualan klub tersebut.

Man U. adalah salah satu klub sepak bola paling bertingkat di dunia, dengan 20 gelar liga, tiga gelar Liga Champions dan lebih banyak trofi daripada klub Inggris lainnya.

Komentar

x