Find and Follow Us

Kamis, 25 April 2019 | 05:41 WIB

Bursa Saham Eropa Naik di Awal Sesi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 14 Februari 2019 | 15:27 WIB
Bursa Saham Eropa Naik di Awal Sesi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa dibuka lebih tinggi pada Kamis pagi (14/2/2019), di tengah kesibukan hasil pendapatan. Sementara para pelaku pasar dengan cemas menunggu tanda-tanda kemajuan dalam putaran terakhir pembicaraan perdagangan AS-China.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 naik sekitar 0,5 persen tak lama setelah bel pembukaan. Indeks FTSE naik 0,2%, indeks DAX naik 0,5%, indeks CAC menguat 0,7%. Sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif, seperti mengutip cnbc.com.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan perdagangan global, dengan Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin dan Perwakilan DagangAS, Robert Lighthizier di China untuk negosiasi tingkat tinggi.

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa pembicaraan "berjalan sangat baik," dengan kedua belah pihak berusaha untuk menyelesaikan perselisihan yang berjalan lama sebelum batas waktu 1 Maret.

Para pejabat di Washington dan Beijing sebelumnya mengatakan mereka berharap putaran baru pembicaraan perdagangan, yang dimulai pada awal pekan ini, dapat membawa kedua belah pihak lebih dekat ke kesepakatan komprehensif.

Sementara itu, Beijing melaporkan data perdagangan yang lebih kuat dari yang diperkirakan pada hari Kamis, menawarkan bantuan selamat datang kepada investor yang khawatir tentang penurunan ekonomi global.

China melaporkan ekspor naik 9,1 persen pada Januari dibanding setahun sebelumnya, menentang ekspektasi, sementara impor turun 1,5 persen.

Di Asia, indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik, tidak termasuk Jepang, turun 0,3 persen.

Kembali di Eropa, anggota parlemen di Inggris diatur untuk berdebat dan memberikan suara pada langkah selanjutnya dalam proses Brexit nanti di sesi.

Itu terjadi ketika Perdana Menteri Theresa May terus berusaha untuk mendapatkan kesepakatan melalui Parlemen, dengan waktu habis sebelum negara itu meninggalkan Uni Eropa bulan depan.

Komentar

x