Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Februari 2019 | 03:36 WIB

Wall Street Sebagian Besar Positif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 12 Februari 2019 | 06:03 WIB

Berita Terkait

Wall Street Sebagian Besar Positif
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, New York - Bursa saham AS di Wall Street berakhir sebagian besar lebih tinggi pada Senin (11/2/2019) setelah sesi berombak ketika putaran negosiasi tarif AS-China di Beijing dimulai dan karena ancaman penutupan sebagian pemerintah muncul lagi.

The Dow Jones Industrial Average DJIA, -0,21% turun 53,22 poin, atau 0,2%, menjadi 25.053,11. Sedangkan S&P 500 SPX, + 0,07% naik 1,92 poin menjadi 2.709,80. Nasdaq Composite Index COMP, + 0,13% naik 9,71 poin, 0,1%, menjadi 7.307,90.

Putaran terakhir perundingan perdagangan antara AS dan China dimulai Senin dengan pembicaraan tingkat kerja di Beijing. Sementara Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dijadwalkan tiba Kamis untuk diskusi tingkat tinggi lagi.

Bahkan jika tarif barang-barang China tetap 10% di luar batas waktu di bulan depan. Ini seperti yang dilaporkan beberapa laporan media, ketidakpastian yang masih melekat seputar resolusi perdagangan.

Kondisi ini hanya akan menyoroti bahwa negosiasi selama 12 bulan antara ekonomi terbesar di dunia telah gagal menghasilkan apa pun.

Itu bisa lebih jauh meresahkan para investor dan perusahaan-perusahaan AS yang sama. Mereka sedang melihat batas waktu 12 Maret pukul 2 siang waktu Timur untuk kesepakatan yang akan dicapai antara kedua negara.

Investor juga sedang mempersiapkan kemungkinan penutupan pemerintah lain setelah perundingan macet antara pihak-pihak utama mengenai apakah akan membatasi jumlah otoritas migran yang dapat ditahan. Gedung Putih tidak mengesampingkan penutupan lain jika kompromi keamanan perbatasan tidak dapat dicapai pada Jumat tengah malam.

Sementara itu, UK sedang bersiap-siap untuk keluar dari Uni Eropa pada 29 Maret dengan atau tanpa perjanjian perdagangan.

Mat Klody, kepala investasi di Kleebeck Wealth Management, mengatakan kepada MarketWatch bahwa kenaikan indeks bursa utama semakin tinggi sejak awal tahun ini didorong persepsi bahwa Fed telah melakukan 180 penuh. Namun pada gilirannya yang terlihat dovish, setelah menaikkan suku bunga empat kali tahun lalu.

Tetapi investor sekarang harus menghadapi kenyataan bahwa The Fed kemungkinan hanya akan dapat menahan diri dari kenaikan suku bunga lebih lanjut, jika kelemahan global di luar negeri, pada kenyataannya, memperlambat ekonomi AS, katanya. "Jika dalam beberapa bulan kita melihat China dan Eropa melambat lebih lanjut, lingkungan investasi bisa jauh lebih goyah," katanya seperti mengutip marketwatch.com.

"Banyak berita baik di luar sana yang sudah termasuk dalam harga saham di level ini," tulis Tom Essaye, presiden Sevens Report, dalam catatan Senin kepada klien.

"Pada 2.700 atau lebih tinggi, S&P 500 tidak dihargai untuk kesempurnaan, tetapi ini dihargai untuk resolusi positif dari banyak peristiwa."

Kondisi ini termasuk percekcokan perdagangan AS-China, stabilisasi pertumbuhan ekonomi global, dan The Fed menolak untuk menaikkan suku bunga sama sekali pada 2019.

"Bukannya hal-hal yang baik tidak mungkin dilakukan, banyak dari mereka sekarang diasumsikan oleh S&P 500 pada 2.700 atau lebih tinggi, dan itu tidak menciptakan banyak hadiah dan lebih banyak risiko," tulis Essaye.

Restaurant Brands International Inc. QSR, + 1,63% saham naik 1,6% setelah perusahaan induk Burger King melaporkan laba dan pertumbuhan penjualan toko yang sama di atas ekspektasi Wall Street.

Morgan Stanley MS, -1,47% saham turun 1,5% setelah bank mengumumkan akuisisi Solium Capital Inc. yang berbasis di Kanada dalam kesepakatan senilai $ 900 juta.

Saham Electronic Arts Inc. EA, -0,37% naik lebih awal di tengah berita bahwa permainan "Apex Legends" perusahaan mencatat lebih dari 10 juta pemain dalam 72 jam pertama, tetapi kemudian berbalik arah untuk turun 0,4%.

Saham Tesla Inc. TSLA, + 2,30% naik 2,3% setelah analis Canaccord meningkatkan stok untuk membeli dari penahanan dan mengatakan cerita kendaraan listrik kurang dihargai di Wall Street.

Di Asia, Shanghai Composite kembali dari liburan selama seminggu untuk menutup hampir 1,4%. Saham di Eropa lebih kuat secara keseluruhan, dengan Stoxx Europe 600 SXXP, + 0,85% naik 0,9%.

Minyak mentah CLH9, -0,51% berada di bawah tekanan, sementara emas GCH9, -0,54% menetap lebih rendah dan dolar AS DXY, + 0,42% naik terhadap rekan-rekannya.

Komentar

x