Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Februari 2019 | 02:41 WIB

Bursa Saham Asia Cermati Perundingan AS-China

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 11 Februari 2019 | 07:21 WIB

Berita Terkait

Bursa Saham Asia Cermati Perundingan AS-China
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Sydney - Bursa saham di Asia pada Senin pagi (11/2/2019) bisa bergerak terbatas. Investor mencermati perkembangan situasi perdagangan AS-China, karena negosiasi akan dilanjutkan di Beijing akhir pekan ini.

Di bursa Australia, indeks ASX 200 naik 0,17 persen pada awal perdagangan, dengan sebagian besar sektor melihat kenaikan. Subindex bahan melonjak sekitar 1,3 persen karena saham penambang utama Down Under naik. Rio Tinto naik 1,46 persen, Fortescue Metals Group naik 2,65 persen dan BHP Billiton naik 1,59 persen.

Sementara bursa saham di Jepang ditutup pada hari Senin untuk hari libur umum, seperti mengutip cnbc.com.

Pada pekan ini, investor akan mengawasi perkembangan di front perdagangan AS-China, dengan putaran baru perundingan yang akan diadakan di Beijing akhir pekan ini.

The Wall Street Journal melaporkan Jumat lalu bahwa kedua negara belum menyusun draft tentang hal-hal yang mereka sepakati atau tidak setujui. Laporan itu muncul ketika Washington dan Beijing berusaha untuk mencapai kesepakatan perdagangan sebelum tenggat waktu awal Maret yang penting, setelah itu tarif tambahan akan ditampar pada impor Cina ke AS.

Ini juga mengikuti Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Kamis bahwa ia tidak akan bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping sebelum batas waktu itu. Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow juga mengatakan ada "jarak yang cukup jauh untuk ditempuh" sebelum China dan AS mencapai kesepakatan.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 96,663, bertahan dekat dengan tertinggi yang terlihat pada minggu perdagangan sebelumnya.

Yen Jepang diperdagangkan pada 109,80 melawan dolar setelah melemah ke posisi terendah di atas 110 minggu lalu. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,7090, menyusul kejatuhan pekan lalu dari level di atas $ 0,721 pada minggu perdagangan sebelumnya.

Komentar

x