Find and Follow Us

Minggu, 21 April 2019 | 03:51 WIB

Dolar AS Masih Berakhir di Area Negatif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 5 Februari 2019 | 07:17 WIB
Dolar AS Masih Berakhir di Area Negatif
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, New York - Dolar AS belum berhasil menahan kerugiannya pada Senin (4/2/2019) dalam menghadapi laporan pekerjaan yang melampaui ekspektasi rata-rata ekonom.

Pekerjaan baru ditambahkan ke ekonomi sebesar 304.000, versus yang diharapkan 170.000, pada bulan Januari 2019. Tingkat pengangguran, sementara itu, naik hingga 4% dari 3,9% karena pemerintah parsial yang bertahan selama rekor 35 hari, termasuk sebagian besar Januari.

Angka-angka ketenagakerjaan gagal menimbulkan optimisme menyeluruh dari dolar. Greenback mengalami pukulan di awal pekan ketika Federal Reserve berbalik lebih dovish dari yang diharapkan selama pembaruan kebijakan moneter pertama tahun ini, dengan data Jumat tidak mungkin mengubah pandangan itu.

Ketua Fed, Jerome Powell mengatakan bank sentral akan lebih "sabar" pada kenaikan suku bunga di masa depan, mendukung dolar yang sudah skeptis terhadap kenaikan suku bunga untuk 2019.

Bahkan, laporan pekerjaan mungkin baru saja memberikan lebih banyak dukungan kepada Fed yang dovish. Setelah Anda menggali ke dalamnya, "ini jauh dari laporan pekerjaan yang sempurna.

"Revisi besar ke bawah untuk total pekerjaan baru bulan Desember 2018 menghilangkan angka utama bulan Januari. Dan pertumbuhan upah tetap sangat lemah untuk pasar tenaga kerja yang begitu ketat," kata David Lamb, kepala transaksi di Fexco Corporate Payments seperti mengutip marketwatch.com.

"Semua ini berarti tekanan inflasi sedang dan Fed tidak akan merasa tergesa-gesa untuk mendorong kenaikan suku bunga berikutnya. Inilah sebabnya mengapa reli awal dolar segera gagal, dan sejak itu kemajuannya sama suramnya dengan Midwest yang membeku."

Indeks Dolar AS AS DXY, + 0,24%, ukuran populer dolar terhadap enam saingan, menelusuri kembali kerugiannya sebentar, sebelum jatuh kembali ke wilayah negatif. Indeks itu sedikit berubah di wilayah negatif di 95,575. Ini menuju kerugian mingguan sekitar 0,2%, menurut data FactSet.

"Tindakan harga dolar yang tertekan pekan ini menunjukkan bahwa sapi jantan lelah dan jelas dalam kesulitan," kata Lukman Otunuga, analis riset di FXTM.

Setelah laporan pekerjaan, pembacaan untuk indeks manufaktur Januari, pengeluaran konstruksi November dan sentimen konsumen Januari lebih baik dari yang diharapkan. Meskipun mengungguli perkiraan konsensus, sentimen konsumen berada pada tingkat terburuk sejak Presiden Donald Trump terpilih.

Dalam data ekonomi lainnya, indeks manajer pembelian manufaktur Markit / Caixin China untuk Januari datang lebih rendah dari yang diharapkan Kamis malam, di 48,3, dibandingkan dengan yang diharapkan 49,5. Angka di bawah 50 menunjukkan kondisi ekonomi yang memburuk.

Sementara PMI resmi China, melaporkan Rabu, membiarkan para pelaku pasar resah atas penurunan global menghembuskan napas lega sesaat, data Jumat membawa ketakutan itu kembali fokus.

Sementara indeks saham China menyelesaikan sesi Jumat di hijau, yuan melemah terhadap dolar, bersama dengan banyak mata uang negara berkembang lainnya. Satu dolar terakhir dibeli 6,7449 yuan USDCNY, + 0,0000% di Beijing, naik 0,7%, dan USDCNH 6,7558 yuan, + lepas pantai 0,0280%, juga naik 0,7%.

Putaran terakhir perundingan perdagangan AS-China berakhir Kamis di Washington, di tengah komentar positif dari Trump.

Euro EURUSD, -0,0175% kuat di wilayah positif, membeli $ 1,1463, naik dari $ 1,1449 Kamis malam. Pembacaan cepat untuk inflasi harga konsumen zona euro yang harmonis telah datang sebelumnya, menunjukkan peningkatan inflasi inti menjadi 1,1% pada basis tahun-ke-tahun, dibandingkan dengan yang diharapkan 1%. CPI Headline, bagaimanapun, sesuai dengan harapan dan lebih rendah dari pembacaan sebelumnya di 1,4%.

PMI manufaktur blok mata uang untuk Januari juga sejalan dengan perkiraan konsensus di 50,5.

Meskipun kurangnya perkembangan baru di bagian depan Brexit, pound Inggris GBPUSD, -0,0077% adalah pelaku mata uang utama terburuk di awal perdagangan, perdagangan terakhir di $ 1,3080 dari $ 1,3111.

Komentar

Embed Widget
x