Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Maret 2019 | 18:36 WIB

JP Morgan Sarankan Apple Akuisisi Netflix

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 5 Februari 2019 | 00:15 WIB

Berita Terkait

JP Morgan Sarankan Apple Akuisisi Netflix
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, New York - Apple memiliki dana segar hampir US$250 miliar dalam bentuk tunai, yang dapat digunakan untuk mengakuisisi Netflix.

Menurut JP Morgan, tujuannya supaya raksasa teknologi dapat meningkatkan posisi Apple sebagai pembuat konten video. "Kami pikir Netflix adalah strategi terbaik yang cocok pada posisi terdepan di tingkat keterlibatan serta konten asli, membedakan dirinya dari agregator konten murni," kata analis JP Morgan, Samik Chatterjee, Senin (4/2/2019) seperti mengutip cnbc.com.

"Kami percaya ada nilai untuk mendapatkan pemain paling sukses di ruang ini, yang sulit untuk ditiru dengan pemain yang lebih kecil di pasar ini."

Chatterjee mencatat bahwa pembelian kemungkinan akan memerintahkan premi yang cukup besar. "Jika premi itu 20 persen, kemungkinan Apple akan menelan biaya US189 miliar," sebut analis berspekulasi.

Netflix memiliki nilai pasar saat ini sebesar US$148 miliar dan US$7 miliar dalam utang bersih. "Apple berinovasi tidak seperti perusahaan lain di Bumi, dan kami tidak mengambil langkah kami," kata CEO Apple, Tim Cook pada panggilan pendapatan perusahaan 29 Januari 2019.

Catatan dari Chatterjee menguraikan tiga industri yang menurut perusahaan akan cocok untuk diakuisisi Apple Netflix, Activision Blizzard dan Sonos.

Ini adalah spekulasi dari Chatterjee tetapi muncul seiring pertumbuhan jangka panjang Apple dari iPhone mulai berkurang. Chatterjee bahkan mencatat secara spesifik bahwa kombinasi Apple-Netflix tidak mungkin.

Apple dan Netflix segera menanggapi permintaan komentar pada spekulasi JP Morgan.

"Kami percaya Apple dapat mendorong sinergi antara posisi terdepan dalam smartphone dan transisi cepat konsumsi video ke ponsel untuk mendorong pertumbuhan layanan yang lebih kuat," kata Chatterjee.

"Kami menemukan Netflix sebagai kecocokan strategis terbaik, meskipun kami menghargai kombinasi kurang mungkin karena Netflix tidak mungkin menjadi penjual dengan premi sederhana."

Sementara Chatterjee mengatakan akan sulit dan mahal bagi Apple untuk mengakuisisi Netflix, ia memberikan tiga alasan mengapa layanan streaming akan paling cocok untuk Apple. Pertama, Netflix cocok dengan preferensi Apple untuk menjadi "agregator konten," katanya, daripada perusahaan media tradisional seperti Sony Pictures.

Kedua, model berlangganan Netflix cocok dengan model pendapatan layanan Apple. Dan ketiga, walaupun sulit, Netflix akan lebih mudah diperoleh daripada Hulu dan Amazon Prime.

JP Morgan berpikir Apple perlu membeli alih-alih memulai layanan streaming sendiri.

"Streaming video, termasuk konten video asli, adalah pasar yang sangat kompetitif dengan rumah media tradisional yang sudah mapan serta pendatang baru yang berjuang secara agresif untuk pelanggan tambahan, yang kemungkinan akan mempersulit skala platform baru mana pun untuk bersaing secara efektif," kata Chatterjee.

Selain itu, JP Morgan berpendapat bahwa kombinasi dengan Netflix dapat merampingkan pendapatan iklan Apple.

"Akuisisi Netflix dapat membantu Apple mendorong konsumen lebih cepat ke aplikasi gateway mereka, yang berfungsi sebagai agregator konten dan beberapa langganan, dan dapat meningkatkan peluang di sekitar potensi pendapatan iklan di masa depan," tambah Chatterjee.

Saham Apple dan Netflix masing-masing naik 2,1 persen dan 2,5 persen, pada perdagangan Senin.

Komentar

x