Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Februari 2019 | 02:38 WIB
Hightlight News

IHSG Masih di Jalur Penguatan

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 28 Januari 2019 | 00:15 WIB

IHSG Tertolong Net Foreign Buy

Janji Berakhirnya Shutdown

IHSG Tertolong Net Foreign Buy

Dari dalam negeri, IHSG berhasil menguat 16,18 poin (+0,25%) ke posisi 6.482,84 pada akhir pekan. Namun investor asing mencatatkan net sell dengan menjual saham senilai Rp 141 miliar di pasar regular. Sepanjang pekan kemarin, IHSG berhasil menguat +0,54%, dengan didukung oleh net buy asing di pasar reguler sebesar Rp178 miliar dalam sepekan.

IHSG terus melanjutkan penguatannya menjadi 5 pekan berturut-turut. Performa IHSG sepanjang pekan hampir senada dengan sebagian besar mayoritas bursa saham global, yang juga mengarungi pekan lalu dengan kinerja positif.

Aura damai dalam perdagangan antara AS-China yang kian terasa dan positifnya laporan keuangan perusahaan di AS yang masih nampak solid di tengah ancaman perlambatan ekonomi, membuat pelaku pasar cukup optimistis untuk berburu instrumen berisiko seperti saham.

Selain itu, komitmen dari pemerintah China untuk menggelontorkan stimulus fiskal berupa pemotongan pajak dan biaya lebih lanjut pada tahun ini guna mendorong perekonomian, ikut memantik aksi beli saham di kawasan regional. Sementara sentimen dari domestik masih datang dari penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dan berlanjutnya aksi beli investor asing.

Sesuai perkiraan pada pekan sebelumnya, IHSG terus bergerak menguat dan mulai merangsek mendekati level psikologis 6.500. Penguatan IHSG tersebut bersamaan dengan makin cerahnya pasar saham dunia yang didiorong oleh sentimen positif akan berakhirnya goverment shutdown di AS dan semakin memudarnya sentimen perang dagang AS-China.

1 2

Komentar

x