Find and Follow Us

Minggu, 22 September 2019 | 02:17 WIB

Polri Pastikan Keamanan Transaksi di Pasar Modal

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Kamis, 24 Januari 2019 | 18:16 WIB
Polri Pastikan Keamanan Transaksi di Pasar Modal
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mabes Polri memastikan jika transaksi pasar modal lewat teknologi digital dipastikan aman dari tindak kejahatan.

"Investor tidak perlu mengkhawatirkan untuk bertransaksi di pasar modal Indonesia. Pemerintah juga sudah membentuk lembaga Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN)," kata Kepala Direktorat Cyber Mabes Polri, Rachmad Wibowo di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Selain BSSN, jelas Rachmad, keamanan siber juga diterapkan sejumlah Kementerian dan Lembaga, seperti Kementrian Komunikasi dan Informatika maupun Kementerian Hukum dan HAM. "Polri juga memiliki sistem keamanan siber, bahkan TNI juga memiliki sistem pengaman," imbuhnya.

Dia menyebutkan, sejauh ini semua unsur negara yang menerapakan keamanan siber berupaya meningkatkan kemampuan yang sejalan dengan dinamika ekosistem 4.0. "Kekuatan keamanan siber oleh pemerintah pun menjadikan perusahaan swasta berkeinginan diaudit sistem keamanannya," ucap Rachmad.

Rachmad menambahkan, mengingat aktivitas bisnis dan keuangan sudah berbasis internet, sehingga tingkat kejahatan di industri keuanga (fraud) semakin meningkat.

"Sekarang ini bagaimana kami membikin ekosistem yang sulit dijebol, meski tidak mungkin sama sekali tanpa celah. Kami bikin seaman mungkin," tuturnya.

Dengan demikian, jelas dia, upaya untuk mencegah fraud di pasar modal, seharusnya ada data center untuk memudahkan penelusuran kejahatan keuangan.

"Jadi, pengusaha dan investor harus tetap yakin menjalankan usaha untuk menumbuhkan ekonomi. Pemerintah sudah mempunyai security," kata Rachmad.[jat]

Komentar

Embed Widget
x