Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Maret 2019 | 19:11 WIB
Hightlight News

IHSG di Area Jenuh Beli

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 21 Januari 2019 | 00:15 WIB

Tertolong Net Buy Asing

Harapan Damai AS-China

Tertolong Net Buy Asing

Dari dalam negeri, IHSG menguat 24,37 poin (+0,38%) ke posisi 6.448,15 pada penutupan perdagangan akhir pekan. Investor asing mencatatkan net buy dengan membeli saham senilai Rp1,29 triliun di pasar regular. Selama sepekan kemarin IHSG berhasil menguat +1,36%, dengan didukung oleh net buy asing sebesar Rp5,7 triliun di pasar reguler.

IHSG kembali melanjutkan penguatannya menjadi 4 pekan berturut-turut. Penguatan IHSG selama sepekan terakhir disebabkan oleh faktor eksternal dan internal.

Sentimen eksternal yang cukup dominan, datang dari kelanjutan negosiasi dagang antara AS dengan China yang menunjukkan gelagat positif, serta rencana pemerintah China untuk meningkatkan stimulus ekonomi melalui peningkatan belanja fiskal dan pemangkasan pajak untuk mengatasai perlambatan ekonomi.
 
Sementara dari dalam negeri, sentimen positif datang dari pertumbuhan kredit sektor perbankan di Indonesia yang mencapai 12,9% secara year on year, serta keputusan BI mempertahankan suku bunga acuan di level 6%. Sentimen tersebut berhasil mendorong penguatan saham bank, terutama bank berkapitalisasi besar yang menjadi penggerak IHSG.

Selain itu derasnya aliran modal asing yang masuk ke pasar saham Indonesia turut mempengaruhi laju pergerakan IHSG. Tercatat nilai net buy investor asing dari sejak awal tahun ini hampir mencapai kisaran Rp10 triliun.

1 2

Komentar

x