Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Februari 2019 | 04:04 WIB

Ini Faktor Penguatan Rupiah Terhadap Dolar

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 19 Januari 2019 | 02:11 WIB

Berita Terkait

Ini Faktor Penguatan Rupiah Terhadap Dolar
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Nilai mata uang rupiah terus menunjukan penguatan. Di perdagangan Jumat 18 Januari 2019 mata uang Indonesia di posisi Rp14.165 per US$. Perbaikan ini dikarenakan ada aliran modal asing yang masuk ke Indonesia.

"Masuknya aliran modal asing menambah suplai di valas. Sehingga mekanisme pasar semakin bekerja," kata Gubernur BI Perry Warjiyo pada wartawan, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Berdasarkan catatan, sampai kemarin 17 Januari, aliran modal asing yang masuk ke Indonesia senilai Rp14,75 triliun. Perry menyebut, penyumbang terbesar berasal dari Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp11,48 triliun, sementara inflow yang masuk ke pasar saham sebesar Rp3,21 triliun.

"Lalu prospek ekonomi yang lebih baik, stabilitas terjaga, termasuk defisit transaksi berjalan yang menurun. Ini membuktikan bahwa confidensial investor global terhadap Indonesia itu cukup kuat," kata dia.

Kemudian, penguatan nilai tukar rupiah juga didorong transaksi domestic non deliverable forward (DNDF) yang semakin bekerja. Selain itu, respons pasar terhadap kebijakan yang ditempuh BI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pemerintah.

"Stabilitas dan perkembangan nilai tukar juga karena faktor pendukung sebagaimana respons pemerintah dalam menurunkan current account deficit (CAD), respons BI dari suku bunga, maupun respons OJK," kata dia.[jat]

Komentar

x