Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:06 WIB

Kadin Keluhkan Jumlah Investor Bursa

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 10 Januari 2019 | 17:01 WIB

Berita Terkait

Kadin Keluhkan Jumlah Investor Bursa
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan Roeslani - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani mengeluhkan jumlah investor yang berada di Bursa Efek Indonesia (BEI), menurutnya jumlah investor di BEI masih sangat kecil.

"Kita harapkan bisa lebih ditingkatkan ke depannya karena kalau dilihat dari jumlah investor yang berinvestasi di BEI masih kecil. Kurang lebih 1,6 juta orang, itu pun sudah merupakan lompatan hampir 40% dibanding 2017 tetapi itu tidak semua investor yang berinvestasi di BEI," kata Rosan di Gedung BEI Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Menurut pemilik Recapital Group ini, peningkatan 40% yang terjadi disepanjang 2018 merupakan gabungan dari instrumen-instrumen investasi yang ada di pasar modal. "Itu gabungan yang sudah berinvestasi di reksadana, obligasi, pasar uang dan lain-lain," katanya.

Meski mengkritik, Rosan juga mengancungkan jempol terkait jumlah perusahaan yang melantai bursa di 2018. Sebab dengan pencapaian 57 emiten merupakan rekor yang baik.

"Tentunya, saya juga mengucapkan selamat kepada BEI yang tahun lalu mencatatkan rekor dalam segi pencatatan saham ada 57 emiten yang merupan rekor tertinggi sejak privatisasi BEI," ucapnya.

BEI pun sudah menyatakan, hingga kini jumlah investor pasar modal Indonesia telah mencapai 1,5 juta. Jumlah tersebut didukung oleh tingginya minat investor milenial selama dua tahun terakhir. [hid]

Komentar

x