Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:12 WIB

Bursa Eropa Nantikan Kejutan dari Beijing

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 9 Januari 2019 | 16:40 WIB

Berita Terkait

Bursa Eropa Nantikan Kejutan dari Beijing
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Bursa saham di Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Rabu pagi (9/1/2019). Investor memantau hari ketiga pembicaraan perdagangan yang tidak terduga antara China dan AS.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 naik 0,6 persen dengan setiap sektor di wilayah positif. Sumber Daya Autos dan Basis adalah sektor dengan kinerja terbaik dalam kesepakatan awal di belakang harapan perjanjian perdagangan antara Beijing dan Washington.

Para pejabat AS dan China memperpanjang pembicaraan perdagangan mereka menjadi hari ketiga di tengah beberapa kemajuan di bidang-bidang seperti komoditas energi. Kementerian luar negeri Cina mengatakan pada hari Rabu bahwa pembicaraan telah berakhir dan hasilnya akan segera dirilis. Presiden Donald Trump tweeted Selasa, "Pembicaraan dengan China berjalan sangat baik."

Melihat beberapa kinerja saham individu, AMS, pemasok Apple di Eropa, turun lebih dari 3 persen. Pemicunya setelah sebuah laporan menunjukkan bahwa pembuat iPhone telah mengurangi produksi untuk beberapa ponselnya pada kuartal pertama.

Sainsbury juga turun lebih dari 2 persen setelah melaporkan penjualan dasar yang lebih rendah dari perkiraan pada periode Natal. Di sisi lain, Ted Baker naik di berita bahwa terdaftar penjualan ritel yang lebih tinggi di musim perayaan.

Perakit rumah tangga Inggris juga diperdagangkan lebih tinggi setelah pembaruan perdagangan oleh Taylor Wimpey. Perusahaan mengatakan bahwa mereka melihat penjualan yang solid pada 2019.

Juga di dunia korporat, Deutsche Bank telah memutuskan untuk memangkas bonus untuk bankir investasinya setelah tahun yang sulit.

Investor juga memantau tanda-tanda potensi perlambatan ekonomi di ekonomi dunia. Bank Dunia mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya memperkirakan pertumbuhan global akan melambat menjadi 2,9 persen tahun ini.

Sementara itu, Eropa tetap memperhatikan politik, dengan Parlemen Inggris diperkirakan akan memilih kesepakatan pemerintah dengan UE pada 15 Januari. Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret.

Dalam hal data, akan ada angka pengangguran di kawasan euro pada pukul 10 pagi waktu London.

Komentar

x