Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Maret 2019 | 06:15 WIB

Dolar Sambut Data Ekonomi AS di Area Positif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Sabtu, 5 Januari 2019 | 07:07 WIB

Berita Terkait

Dolar Sambut Data Ekonomi AS di Area Positif
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, New York - Dolar AS melepaskan keuntungan yang diperoleh setelah laporan pekerjaan Desember yang lebih kuat dari perkiraan setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bank sentral akan mengambil pendekatan "sabar" untuk kebijakan moneter.

ICE US Dollar Index DXY, -0,08% ukuran mata uang terhadap sekeranjang enam rival utama, turun 0,1% pada 96,168 setelah melonjak setinggi 96,60. Penguatan setelah data yang menunjukkan AS menambahkan 312.000 pekerjaan baru pada bulan Desember 2018.

Data ini, jauh melebihi perkiraan konsensus 182.000 yang dihasilkan oleh survei MarketWatch terhadap para ekonom. Tingkat pengangguran naik menjadi 3,9% dari 49 tahun terendah 3,7% karena persentase orang Amerika usia kerja dalam angkatan kerja naik ke level tertinggi lima tahun.

Kemajuan awal dolar mencerminkan ekspektasi the Fed akan lebih cenderung untuk tetap pada jalur kenaikan suku bunga karena data pekerjaan padat mengurangi kekhawatiran ekonomi sudah mulai melambat secara signifikan. Tetapi keuntungan itu diberikan kembali setelah Powell, dalam diskusi panel bersama pendahulunya Janet Yellen dan Ben Bernanke, menekankan bahwa bank sentral tidak akan mendorong suku bunga lebih tinggi atau terus menyusut neraca tanpa memperhitungkan biaya. "Kami akan siap untuk menyesuaikan kebijakan dengan cepat dan efektif," katanya seperti mengutip marketwatch.com.

Saham melonjak, lebih dari membalikkan penurunan tajam hari sebelumnya, dipicu oleh survei yang jauh lebih dingin dari yang diperkirakan pada manufaktur di AS.

"Powell menghantam nada yang lebih lembut, lebih dovish ketika berbicara pada panel di American Economic Association. Bersandar lebih dovish, datang di belakang laporan ketenagakerjaan Desember superlatif, untuk saat ini, meredakan investor pasar keuangan," kata Kathy Bostjancic, kepala ekonom pasar keuangan AS di Oxford Economics, dalam sebuah catatan.

Euro EURUSD, + 0,0263% berpindah tangan pada $ 1,1405, naik dari $ 1,1395 Kamis malam. Pada hari Kamis, yen Jepang melonjak dalam perdagangan yang fluktuatif dan tipis di awal Asia-Pasifik setelah penurunan perkiraan penjualan Apple. Dolar USDJPY, + 0,80% naik menjadi 108,46 yen, naik dari 107,66 Kamis malam.

Pound Inggris GBPUSD, + 0,6965% naik menjadi $ 1,2744 versus $ 1,2634 pada Kamis malam.

Kementerian Perdagangan China mengkonfirmasi bahwa delegasi pejabat AS akan melakukan perjalanan ke Beijing untuk putaran baru pembicaraan perdagangan pada hari Senin dan Selasa, menurut laporan berita.

Sentimen juga mendapat dorongan setelah bank sentral China pada hari Jumat memangkas rasio kas yang harus dimiliki bank sebagai cadangan sebesar 100 basis poin, atau 1%, menurut laporan berita - sebuah langkah yang telah dilihat sebagai sarana untuk membantu mengurangi risiko. dari perlambatan yang lebih tajam di ekonomi terbesar kedua di dunia.

Komentar

Embed Widget
x