Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 12:39 WIB

Darmin: Kinerja Moncer Pasmod Jadi Modal Positif

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 2 Januari 2019 | 18:00 WIB
Darmin: Kinerja Moncer Pasmod Jadi Modal Positif
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menko Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan, pasar modal (pasmod) Indonesia tidak terlalu terpengaruh gejolak ekonomi dunia.

Hal ini terbukti dari posisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menempati posisi kedua terbaik di Asia Pasifik. Darmin menilai, pasar modal Indonesia cukup residen cukup mampu menahan gejolak yang terjadi.

"Dan itu sudah ditunjukan ekonomi kita di sektor riilnya juga ekonomi kita bertahan cukup baik di tengah gejolak ekonomi dunia dan itu merupakan modal untuk optimis," kata Darmin di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (2/01/2019).

Meski begitu, Darmin menyebut, optimis jangan sekedar optimis karena harus ada modalnya. Darmin bilang, pencapaian di 2018 menjadi modal untuk optimis bahwa tahun 2019 ini bisa melakukan lebih baik lagi.

"Karena kita sudah menunjukan mampu mencetak kinerja yang baik ditengah-tengah situasi yang tidak baik," tuturnya.

Oleh karena itu, Darmin menyampaikan, pasar modal menjadi sangat penting untuk menjaga intergritasnya, bahwa penegakan aturan harus berjalan dengan baik, kalau tidak modal pertama integritas itu tidak akan bisa diwujudkan.

"Kalau itu tidak bisa diwujudkan maka orang gak akan terlalu percaya. tetapi di pihak lain yang go public bukannya turun tapi makin banyak, bukan hanya kecepatan tapi persentase makin tinggi, itu artinya integritas makin baik yang penting dijaga," jelas dia.

Untuk itu, Darmin berharap OJK secara umum dengan pasar modal dan SRO-nya mengambil langkah-langkah untuk meyakinkan masyarakat kita lebih luas untuk aktif dan ikut serta di pasar modal hanya dengan begitu kita bisa memperdalam pasar keuangan kita.

"Selain itu kita bisa tentu saja mengaktifkan uang yang harusnya jadi saving dia tidak jadi saving disimpan saja atau digunakan untuk beli barang yang sangat tahan lama," tambah Darmin. [ipe]




Komentar

x