Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 16 Januari 2019 | 10:54 WIB
Hightlight News

Tumbuh Moderat

Inilah Sentimen-sentimen Warnai Gerak IHSG 2019

Oleh : Ahmad Munjin | Senin, 31 Desember 2018 | 01:15 WIB

8. Sentimen dari Emten-emiten

7. Arah Rupiah 2019

9. Momentum Hijau IHSG Berkurang

8. Sentimen dari Emten-emiten



Sentimen maupun pemberitaan dari para emiten seperti rilis berbagai perkembangan kinerja emiten menjadi hal yang penting bagi pelaku pasar karena dapat mengetahui apakah kinerjanya meningkat, tetap/stagnan, maupun menurun. 

Hal yang perlu diperhatikan ialah alasan di balik kenaikan maupun penurunan dari kinerja. Apakah karena secara sektoral atau karena memang manajemen kurang mampu dalam mengelola perusahaan. 

Jika secara sektoral terjadi penurunan, manajemen mampu bertahan dengan pertumbuhan tipis maka kondisi ini hanyalah bersifat sementara dan masih memiliki peluang untuk kembali meningkat ke depannya. 

Adanya pemberitaan juga dapat mempengaruhi pergerakan harga sahamnya. Pelaku pasar pun dapat memanfaatkan pemberitaan tersebut untuk mengambil posisi, baik beli maupun jual.

Tidak dapat dipastikan sektor maupun saham mana saja yang akan mengalami kenaikan. Semuanya akan tergantung dari sentimen yang ada. 

Jika di tahun depan, pergerakan harga komoditas kembali meningkat maka pilihlah saham-saham komoditas. Jika nantinya penyaluran kredit masih bertumbuh di tengah kenaikan suku bunga acuan BI maka pilihlah saham-saham perbankan. 

Jika semasa pemilu membuat belanja iklan meningkat maka bisa dipertimbangkan saham-saham media. Begitupun dengan sektor-sektor lainnya. Bisa saja dimungkinkan, sektor properti dan konstruksi yang di tahun 2018 mengalami penurunan kemudian memiliki momentum kenaikan di tahun 2019. 

Be Flexible in the market. Tak ketinggalan, emiten-emiten yang sedang berencana untuk melakukan aksi korporasi terutama pembagian dividen maupun akuisisi juga dapat menjadi pertimbangan. 

Bahkan saham-saham IPO pun juga dapat memberikan peluang yang cukup bagus dan diharapkan dapat kembali berulang seperti yang terjadi pada tahun 2018 ini.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Komentar

x