Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Februari 2019 | 12:20 WIB
Hightlight News

Tumbuh Moderat

Inilah Sentimen-sentimen Warnai Gerak IHSG 2019

Oleh : Ahmad Munjin | Senin, 31 Desember 2018 | 01:15 WIB

1. Lanjutan Perang Dagang AS-China

2. Kenaikan Suku Bunga The Fed

1. Lanjutan Perang Dagang AS-China



Kemungkinan masih ada potensi perang dagang seiring sikap kedua petinggi negara, baik AS maupun Tiongkok, yang belum terlihat melunak. 

Beberapa waktu lalu, dalam pertemuan G-20 Summit telah bertemu Presiden AS, Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping untuk membahas kerjasama perdagangan lebih lanjut. 

Akan tetapi, yang dihasilkan salah satunya hanya penundaan untuk pengenaan tarif impor bagi keduanya. Hal ini menandakan masih adanya potensi pengenaan tarif impor lebih lanjut.

Apalagi jika melihat ambisi Presiden Trump untuk membuat surplus perdagangannya dengan Tiongkok. Akibat saling pengenaan tarif di antara keduanya membuat industri dan manufaktur di kedua negara tersebut melemah yang berujung pada melambatnya pertumbuhan ekonominya. 

Jika kondisi ini terus berulang, bukan tidak mungkin akan mempengaruhi perkembangan ekonomi global. Tidak hanya itu, persepsi akan kekhawatiran melambatnya ekonomi global akan mempengaruhi secara psikologis pelaku pasar yang pada akhirnya membuat aksi jual kerap terjadi.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Komentar

x