Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 06:10 WIB

Mandiri Lakukan BOT Aset Tetap dengan Wika Gedung

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 28 Desember 2018 | 15:40 WIB
Mandiri Lakukan BOT Aset Tetap dengan Wika Gedung
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Wika Gedung Tbk melakukan kerja sama pembangunan, pengoperasian dan penyerahan atau Build Operate Transfer (BOT) aset tetap milik BMRI di Jl Proklamasi senilai Rp53,9 miliar.

BMRI menilai perlu melakukan pendayagunaan aset tetap untuk memenuhi kebutuhan seperti menunjang kegiatan operasional bank. Untuk meningkatkan nilai aset dan melakukan efisiensi biaya operasional. Selain itu untuk pengamanan aset, penyelesaian properti terbengkalai dan meningkatkan corporate image perseroan.

Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Jumat (28/12/2018). Rincian obyek transaksi antara lain legalitas kepemilikan adalah SHGB seluas 4.428 meter persegi. Pemanfaatan bangunan untuk kantor PT Bank Mandiri Taspen, Kantor Persatuan Pensiunan Bank Mandiri dan Kantor Persatuan Bank Bumi Daya.

Sedangkan rincian nilai transaksi antara lain kompensasi signing sebesar Rp1 miliar, penggantian biaya sewa office Rp3,7 miliar dan kompensasi penggunaan lahan sebesar Rp49,2 miliar. Jadi total nilai transaksi adalah Rp53,9 miliar.

Bagi perseroan, transaksi ini adalah transaksi terafiliasi. Sebab PT Wika Gedung merupakan anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dengan kepemilikan 69,3%. Sedangkan WIKA mayoritas sahamnya dikuasai pemerintah hingga 65,05%. Dengan demikian perseroan dan Wika Gedung sama-sama dikendalikan pemerintah baik langsung maupun tidak langsung.

Komentar

x