Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 15:56 WIB

Utang Naik, Peringkat Wika Realty Jadi BBB

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 23 Desember 2018 | 13:25 WIB
Utang Naik, Peringkat Wika Realty Jadi BBB
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Peringkat untuk PT Wika Realty dan medium term notes (MTN) VI/2017, MTN V/2017, dan MTN IV/2016 turunkan dari BBB+ menjadi BBB.

"Penurunan peringkat dipicu oleh leverage finansial yang lebih agresif dan proteksi arus kas yang lebih lemah dari yang diproyeksikan sebelumnya dalam jangka menengah," demikan hasil riset dua analis Pefindo Aryo Perbongso dan Agung Iskandar, seperti mengutip dari keterangan resmi PT PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), akhir pekan lalu.

Hasil riset tersebut juga menjelaskan pendapatan Wika Realty untuk 2018 diperkirakan cenderung stagnan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Alasannhya karena keterlambatan izin mendirikan bangunan yang menunda kemajuan proyeknya. Sementara dari sisi utang jumlahnya telah meningkat karena dipakai membiayai belanja modal.

Untuk periode 30 September 2018, rasio utang Wika Realty terhadap EBITDA dan dana dari operasi (FFO) ke rasio utang masing-masing adalah 24,6 kali dan negatif 1,2% sehingga tidak lagi konsisten dengan rasio untuk kategori peringkat BBB+. Pefindo pun merevisi prospek peringkat Wika Realty negatif menjadi stabil.

Untuk itu, Pefindo mengungkapkan bahwa peringkat perusahaan mencerminkan pentingnya strategis Waskita Realty dengan induknya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), serta moderatnya kualitas aset, dan lokasi properti yang relatif terdiversifikasi. Namun, peringkat dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif.

Komentar

x