Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:06 WIB

PT Aneka Gas Industri Kendalikan PT Samator

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 21 Desember 2018 | 00:17 WIB

Berita Terkait

PT Aneka Gas Industri Kendalikan PT Samator
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Aneka Gas industri Tbk (AGII) menguasai 99,90% kepemilikan saham atas PT Samator Gas Industri (SGI) setelah membeli lagi 24,90% saham PT SGI.

Komisaris Utama AGII, Arief Harsono, mengungkapkan nilai transaksi divestasi saham SGI pada Senin (17/12/2018) lalu tersebut mencapai Rp328,68 miliar atau setara dengan 9,65% dari nilai ekuitas AGII. Salah satu pertimbangan dalam transaksi tersebut ialah AGII menganggap ini menjadi langkah alternatif perusahaan untuk memperluas jangkauan distribusi produk perusahaan.

"Aneka Gas Industri berencana untuk memeperluas jangkauan distribusi produk, di mana berawal hanya mendistribusikan kepada distributor menjadi (kepada) distributor dan retailer," ungkap Arief dalam keterangan perseroan di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Kedua perusahaan sebenarnya perusahaan yang beregrak di bidang industri gas, baik dalam tataran produksi maupun distribusi. Namun terdapat perbedaan pada segmen konsumennya. PT AGII melakukan distribusi produk kepada distributor lainnya, sedangkan PT SGI melakukan distribusi produk kepada retailer.

Dengan dilakukannya transaksi divestasi saham tersebut, ada perubahan struktur permodalan dalam SGI. Modal dasar dalam SGI seluruhnya berjumlah Rp1 triliun dengan jumlah lembar saham sebanyak 1 juta. PT AGII menguasai 99,90% atau 548.784 saham PT SGI dan Samator menguasai 0,10% atau sebanyak 549 saham.

Ruang lingkup kegiatan bisnis AGII adalah bergerak dalam bidang pemasaran dan penjualan produk gas industri dan produk-produk terkait lainnya serta pemasaran dan penjualan jasa. Saat ini, kegiatan usaha utama Aneka Gas Industri Tbk adalah bidang industri gas tertentu dalam bentuk gas, cair ataupun padat, mendesain konstruksi.

Ada juga jasa instalasi peralatan gas pada pabrik pelanggan dan rumah sakit serta memperdagangkan produk gas dari produsen lain kepada pelanggan industri.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Aneka Gas Industri Tbk, yaitu: PT Aneka Mega Energi (induk usaha utama) (37,79%) dan PT Samator (27,75%).

Komentar

x