Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:25 WIB

PT Harum Energy Segera Buyback Saham 4,9%

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 16 Desember 2018 | 09:07 WIB

Berita Terkait

PT Harum Energy Segera Buyback Saham 4,9%
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Harum Energy Tbk (HRUM) segera melakukan pembelian kembali saham atau buyback sebanyak-banyaknya 133,38 juta saham atau sebesar 4,93% dari modal disetor perseroan.

Perseroan akan segera menyampaikan rencana ini kepada para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 18 Januari 2019. Demikian keterangan resmi perseroan akhir pekan ini.

Rencana ini akan dilakukan secara bertahap dan berjalan paling lama 18 bulan setelah mendapat persetujuan. Hingga 30 September 2018, kepemilikan saham terbesar di HRUM dikuasai PT Karunia Bara Perkasa sebanyak 74,05%, saham yang dimiliki publik 20,76%. HRUM telah memiliki treaury stock dari buyback sebelumnya sebesar 5,07% dan sisanya dimiliki PT Bara Sejahtera Abadi dan dewan komisaris.

Perseroan menjelaskan sumber dana untuk membiayai pembelian saham kembali salahs atunya berasal dari saldo laba per 31 Desember 2018. Dana yang disisihkan, sebanyak banyaknya US$16,2 juta atau Rp236,52 miliar dengan kurs Rp14.600.

Biaya yang disiapkan HRUM tersebut, sudah termasuk biaya transaksi, biaya pedagang perantara dan biaya lainnya sehubungan dengan transaksi buyback. HRUM berharap, buyback ini akan mengangkat return on equity (ROE), disertai dengan pertumbuhan dan perluasan usaha emiten itu.

HRUM mengungkapkan, buyback dapat memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam mengelola modal dan memaksimalkan return kepada pemegang saham. HRUM akan menyimpan saham hasil buyback sebagai modal saham (treasury stock) untuk jangka waktu tiga tahun, tanpa menutup kemungkinan bagi emiten untuk kembali melakukan buyback lanjutan.

Komentar

x