Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 Maret 2019 | 02:55 WIB

Kuwait Bisa Satukan Kekuatan Ekonomi Negara Teluk

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 16 Desember 2018 | 05:07 WIB

Berita Terkait

Kuwait Bisa Satukan Kekuatan Ekonomi Negara Teluk
Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammad bin Abdulrahman al Thani - (Foto: cnbc)

INILAHCOM, Doha - Kuwait memiliki peran penting dalam menyatukan kembali negara-negara Teluk Kerjasama (GCC) di tengah blokade yang sedang berlangsung di Qatar.

Demikian pernyataan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammad bin Abdulrahman al Thani, Sabtu (15/12/2018) seperti mengutip cnbc.com. "Emirat (Kuwait) telah memiliki peran kepemimpinan yang besar dalam menenangkan situasi yang sangat dihargai oleh Qatar. Kami terus mengandalkan peran Kuwait dan negara-negara di kawasan itu untuk membawanya kembali bersama-sama," kata menteri itu kepada para hadirin. di Forum Doha tahunan.

Hubungan antara negara-negara kaya minyak dari GCC telah penuh sejak Arab Saudi, bergabung dengan Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab, memberlakukan blokade ekonomi dan diplomatik di Qatar pada 2017. Riyadh dan sekutunya menuduh Qatar mendukung terorisme, yang Doha secara konsisten membantah.

Kuwait, bagaimanapun, tidak mengambil bagian dalam blokade. Pemerintahnya menjaga hubungan baik dengan Doha dan telah melakukan beberapa upaya untuk menengahi antara Qatar dan negara-negara Teluknya untuk membantu memadamkan konflik, sejauh ini tidak ada hasilnya.

"Kuwait telah menunjukkan kesediaan untuk memainkan peran diplomatik dalam beberapa konteks paling kompleks di kawasan termasuk Qatar dan Yaman," kata Cinzia Bianco, analis GCC di Gulf State Analytics yang berbasis di London, kepada CNBC awal bulan ini.

Pada 3 Desember, Qatar mengumumkan rencana keberangkatannya dari OPEC, kartel yang beranggotakan 15 negara pengekspor minyak yang produsen terbesarnya adalah Arab Saudi. Qatar dan blok yang dipimpin Saudi saling menyalahkan satu sama lain karena mencegah solusi tercapai.

"Kami percaya bahwa kami lebih relevan sebagai sebuah blok untuk negara-negara itu daripada kami terpisah dan terpecah," menteri menambahkan.

Qatar melihat simpanan asing di bank komersial turun US$13 miliar dalam enam bulan setelah blokade; sekarang memperoleh kembali sekitar US$9 miliar itu, menurut peringkat Fitch. Analis di lembaga pemeringkat mengatakan blokade memaksa Qatar untuk melakukan diversifikasi sumber pendapatan, akhirnya membuatnya lebih mandiri.

Qatar melihat simpanan asing di bank komersial turun US$13 miliar dalam enam bulan setelah blokade; sekarang memperoleh kembali sekitar US$9 miliar dari itu, menurut peringkat Fitch. Analis di lembaga pemeringkat mengatakan blokade memaksa Qatar untuk melakukan diversifikasi sumber pendapatan, akhirnya membuatnya lebih mandiri.

Komentar

Embed Widget
x