Find and Follow Us

Rabu, 24 Juli 2019 | 05:14 WIB

OJK Pelajari SRTG Kuasai 50% Lebih Saham MPMX

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 11 Desember 2018 | 15:31 WIB
OJK Pelajari SRTG Kuasai 50% Lebih Saham MPMX
Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK, Fakhri Hilmi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mempelajari rencana penawaran tender sukarela 10% saham PT Mitra Pinasthika Mustika oleh PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG).

Hal itu terkait dengan perlu atau tidaknya melakukan penawaran tender wajib atau tender offer oleh SRTG jika setelah transaksi menguasi lebih dari 50% saham MPMX.

Hal itu disampaikan Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK, Fakhri Hilmi di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa(11/12/2018).

"Dokumennya baru masuk, sehingga kami telaah dulu. Nanti kita lihat apakah mereka ( SRTG ) wajib tender offer atau tidak," ujar dia.

Dalam kesempatan ini, Fakhri belum bisa memastikann apakah langkah SRTG melakukan penawaran sukarela itu sebagai bentuk untuk menghindari kewajiban tender offer sebagai bentuk kewajiban yang menguasai 50% saham .

"Ini masih terlalu awal dan Tim kami masih melihatnya," kata dia.

Seperti diketahui, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) selaku pemegang 48,62% saham PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) akan melakukan penawaran tender sukarela. Rencananya, SRTG menawar 446/296.328 lembar atau 10% saham MPMX dengan harga penawaran Rp950 perlembar.

Hal itu tertuang dalam keterbukaan informasi perseroan pada laman Bursa Efek Indonesia, Jumat (7/12/2018).

Dijelaskan, rencana tersebut masih menunggu pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selanjutnya, jika telah dilakukan dan SRTG memiliki lebih dari 50% saham MPMX, dan menjadi pemegang saham pengendali, maka tidak diwajibkan melakukan penawaran wajib atau tender offer. Hal itu sesuai dengan pasal 23 huruf m POJK Nomor 9/2018.

Masih berdasarkan keterbukaan tersebut, aksi korporasi ini bertujuan meningkatkan nilai investasi SRTG di sektor konsumen dan MPMX dinilai memiliki potensi untuk berkembang di masa depan.

Sedangkan bagi pemegang saham MPMX, dapat dimanfaatkan untuk merealisasikan imbal hasil dari investasinya. Sebab, harga penawaran tersebut 18% di atas harga penutupan dan 7,53% di atas rata-rata harga perdagangan tertinggi dalam 90 hari perdagangan bursa terakhir.

Adapun rencana penawaaran tender sukarela ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 Januari hingga 12 Februari 2019 dan akan dibayarkan pada tanggal 25 Februari 2019. [jin]

Komentar

x