Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 07:38 WIB

Pelan tapi Pasti, DIVA Genggam 30% Saham Pawoon

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 7 Desember 2018 | 16:35 WIB

Berita Terkait

Pelan tapi Pasti, DIVA Genggam 30% Saham Pawoon
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Distribusi Voucher Nusantara, Tbk (DIVA) berencana investasi 30% saham di Pawoon, aplikasi Point of Sales (POS) berbasis cloud terdepan di Indonesia.

Hanya saja, nilai investasi tidak disebutkan. Investasi ini dipandang sebagai langkah strategis yang memposisikan Pawoon dan DIVA di sweet spot atau titik tengah untuk mengakselerasi pertumbuhan eksponensial dan memasuki salah satu bisnis miliaran dollar di Asia Tenggara.

Direktur DIVA, Dian Kurniadi mengatakan, pertumbuhan eksponensial Pawoon melonjak 28 kali lipat selama 24 bulan terakhir. Pawoon juga menawarkan ekspansi bisnis yang menarik dan pertumbuhan potensial untuk DIVA di luar tiga sektor yang saat ini mendukung bisnis perseroan.

Adapun sebagian besar pemain di industri F&B adalah UKM, sehingga menjadikannya industri yang kompleks, tetapi tidak dapat disangkal relevansinya dalam perekonomian Indonesia.

"Karena F&B dianggap sebagai salah satu yang paling menguntungkan dari sepuluh kelompok industri yang diprioritaskan oleh pemerintah Indonesia di bawah Rencana Induk Pengembangan Industri Nasional Tahun 2015-2035," tulis Dian dalam siaran pers, Jumat (7/12/2018).

Ia menambahkan, DIVA bertujuan untuk memasuki sebuah pasar yang memperoleh nilai perputaran tahunan hingga Rp27,5 triliun hanya di Jakarta saja dan diperkirakan meraih Rp2,75 triliun dari pendapatan pajak restoran di 2017.

Melalui investasi ini, kami membuka potensi UKM maupun perusahaan besar yang signifikan dalam industri F&B, dan mempercepat transformasi non-tunai dalam industri ini," kata dia.

Pendiri dan CEO Pawoon, Ahmad Gadi mengatakan, dana segar dari DIVA akan diarahkan untuk pengembangan produk serta mempercepat akuisisi merchant di penjuru negeri, dengan potensi jutaan bisnis.

"Kami melayani bisnis dengan semua ukuran, dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan satu warung hingga perusahaan besar atau franchise dengan ratusan outlet. Bisnis ini (terutama bisnis yang lebih kecil), cenderung mengandalkan pena dan kertas serta metode konvensional lainnya, yang terbukti tidak mencukupi dan tidak efisien," kata dia.

Pawoon telah mencetak jumlah yang signifikan untuk bisnisnya, memperkenalkan merchants untuk menggunakan berbagai produk software lengkap dan solusi pembayaran digital seperti e-money. [ipe]




Komentar

x