Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 07:25 WIB

Dolar Turun Lagi Respon Prospek Hubungan AS-China

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 7 Desember 2018 | 06:53 WIB

Berita Terkait

Dolar Turun Lagi Respon Prospek Hubungan AS-China
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, New York - Dolar AS melemah karena risk appetite berkurang selama perdagangan Kamis (6/12/2018), setelah penangkapan seorang eksekutif perusahaan telekomunikasi China Huawei Technologies, atas permintaan AS, memicu kekhawatiran baru tentang hubungan AS-China.

Huawei CFO Meng Wanzhou ditangkap di Vancouver, Kanada, karena diduga melanggar sanksi terhadap Iran. Pihak berwenang China telah menuntut pembebasannya.

Sementara AS dan China tampaknya mendekati resolusi dari spat perdagangan mereka setelah KTT G-20 akhir pekan lalu, harapan pasar kini terguncang. Baru-baru ini, pelaku pasar juga telah tumbuh hati-hati dengan fakta bahwa beberapa rincian dari kesepakatan potensial diketahui setelah Presiden Donald Trump dan Perdana Menteri Tiongkok Xi Jinping bertemu di G-20.

"Gelombang terbaru dari risk-off attack dimulai pada pembukaan futures [Minggu malam] di tengah pengumuman penangkapan Kanada terhadap chief financial officer Huawei atas nama AS," tulis Adam Button, analis mata uang di Intermarket Strategy seperti mengutip marketwatch.com. Dia menambahkan bahwa lepaskan pekerjaan dari setiap kesepakatan perdagangan yang dilakukan antara Cina dan AS, yang sekarang tercermin di pasar.

Stok AS turun karena sentimen memburuk, dengan Dow Jones Industrial Average DJIA, -0,32% turun sekitar 500 poin di pembukaan.

Mata uang memulihkan sebagian dari puncak dan palung pada hari perdagangan. Indeks Dollar Amerika Serikat, DXY, -0,23% turun 0,3% pada 96,802, memulihkan beberapa dari posisi terendah sesi. Pesaing utama uang itu, EURUSD, -0,0088% menguat dalam langkah kunci, bertahan 0,3% pada $ 1,1374.

Dolar Australia USDAUD, + 0,0415% - proxy untuk China dan pertumbuhan global - telah memulai sesi sebagai kinerja terburuk di antara mata uang perkembangan pasar, karena pelaku pasar mengharapkan hubungan perdagangan AS-China tetap di tepi menyusul penangkapan, tetapi pulih sedikit karena dolar menyelam. Satu dolar Australia dibeli $ 0,7226, turun 0,6%, dibandingkan dengan sesi-rendahnya $ 0,7192.

Pada hari Rabu, Aussie telah melemah tajam terhadap dolar, karena kuartalan produk domestik bruto kuartal ketiga yang di bawah ekspektasi buruk.

Mata uang tradisional haven memiliki hari lapangan di belakang kekhawatiran perdagangan, dan dolar AS turun terhadap yen Jepang USDJPY, + 0,04% dan Swiss franc USDCHF, + 0,0604% pembelian terakhir 112,65 dan 0,9931 franc, keduanya turun 0,5% , menurut FactSet.

Laporan ekonomi AS hari Rabu akan dirilis bersamaan dengan hari Kamis, setelah hari Rabu berkabung untuk mantan Presiden George H.W. Kematian Bush. Data deluge termasuk pelonggaran swasta yang lebih lemah pada bulan November, defisit perdagangan yang melebar dari US$55,5 miliar pada 10 tahun tinggi, tetapi juga indeks nonmanufaktur ISM yang lebih kuat dari perkiraan.

Gubernur Bank of Canada, Stephen Poloz mengulangi kekhawatiran bank sentral atas harga minyak global CLF9, + 0,29% dan apa perlambatan ekonomi global dapat berarti untuk permintaan minyak. Pada hari Rabu, Dewan Komisaris mempertahankan suku bunganya tetap tidak berubah tetapi memperingatkan perlambatan momentum dalam ekonomi Kanada karena jatuhnya harga minyak dan investasi bisnis yang lebih rendah terkait dengan kekhawatiran perdagangan selama musim panas.

Versus dolar Kanada USDCAD, + 0,0897% greenback menguat, terakhir membeli C $ 1,3388, naik 0,2%. Loonie, seperti mata uang Kanada juga diketahui, sebelumnya turun ke level terendah sejak Juni 2017 setelah mencapai terendah enam bulan pada hari Rabu, menurut data FactSet.

Dalam mata uang Eropa, pound poundsterling Inggris, + 0,0000% naik tipis lebih tinggi sekali lagi, karena para investor menjadi optimis bahwa peluang Brexit yang keras berkurang. Sterling terakhir diambil $ 1.2778, dibandingkan dengan $ 1.2735.

Intraday Data disediakan oleh SIX Financial Information dan tunduk pada ketentuan penggunaan. Data akhir-hari historis dan terkini yang disediakan oleh SIX Informasi Keuangan. Semua kutipan dalam waktu pertukaran lokal. Data penjualan terakhir real-time untuk harga saham AS mencerminkan perdagangan yang dilaporkan melalui Nasdaq saja. Data Intraday tertunda setidaknya 15 menit atau per persyaratan bursa.

Komentar

x