Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 07:51 WIB

Kasus Huawei juga Berpotensi Bebani Wall Street

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 6 Desember 2018 | 15:01 WIB

Berita Terkait

Kasus Huawei juga Berpotensi Bebani Wall Street
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, New York - Berjangka saham AS jatuh pada awal perdagangan Kamis (6/12/2018), dengan penjualan begitu kuat pada satu titik yang dipicu penangkapan eksekutif Huawei yang menghidupkan kembali kekhawatiran perdagangan yang membantu menyeret ekuitas ke sesi terburuk mereka sejak awal Oktober pada Selasa.

Pasar ditutup pada hari Rabu untuk menandai hari berkabung nasional bagi mantan Presiden George H.W. Bush, yang meninggal pada hari Jumat di 94.

Berjangka untuk Dow Jones Industrial Average YMZ8, -1.25% turun 332 poin, atau 1,3%, di 24,715. Sedangkan untuk indeks S & P 500 ESZ8, -1,13% turun 34,20 poin menjadi 2.667,50, kehilangan 1,3%. Sementara Nasdaq-100 futures NQZ8, -1,53% jatuh 117,25 poin, atau 1,7%, pada 6.686,25.

Pada hari Selasa, Dow DJIA, -3,10% tenggelam 799,36 poin, atau 3,1%, menjadi 25.027,07, sedangkan indeks S & P 500 SPX, -3,24% turun 90,31 poin, atau 3,2%, menjadi 2,700,06. Nasdaq Composite Index COMP, -3,80% jatuh 283,09 poin, atau 3,8%, menjadi 7.158,43. Ketiga patokan itu memiliki hari terburuk sejak 10 Oktober.

Sementara perdagangan reguler ditutup pada hari Rabu, ada sesi singkat perdagangan elektronik untuk indeks saham berjangka yang menunjukkan Dow futures memantul 100 poin. Ketika futures dibuka kembali Kamis, penurunan sangat parah pada S & P 500 berjangka bahwa Chicago Mercantile Exchange memicu pemutus sirkuit untuk menghindari kerugian yang lebih buruk.

"Mereka berjangka melonjak ke 2.659, turun 1,9% sebelum CME berhenti berdagang sebentar untuk mencoba menenangkan pasar," kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone seperti mengutip marketwatch.com.

Investor yang gelisah terusik oleh berita bahwa pihak berwenang Kanada telah menangkap Meng Wanzhou, kepala keuangan Huawei Technologies, atas permintaan otoritas AS karena diduga melanggar sanksi terhadap Iran. Penangkapan, yang dilakukan pada 1 Desember, terjadi ketika AS telah mengambil beberapa langkah untuk membatasi raksasa teknologi Cina, mencoba untuk membujuk sekutu internasional untuk melakukan hal yang sama.

Pihak berwenang China bereaksi dengan marah, dengan juru bicara Kedutaan Besar China di Kanada menuntut pembebasan eksekutif Huawei. "Atas permintaan pihak AS, pihak Kanada menangkap seorang warga negara China yang tidak melanggar hukum Amerika atau Kanada," kata pernyataan di situs webnya. Huawei sendiri mengatakan itu "tidak menyadari kesalahan apa pun oleh Ms Meng," dalam sebuah pernyataan yang dirilis di Twitter.

Perkembangan terakhir terjadi di tengah latar belakang yang sudah goyah untuk hubungan perdagangan antara AS dan China. Keraguan seputar moratorium perdagangan akhir pekan di KTT G-20 antara kedua belah pihak dan perkembangan yang tidak menyenangkan di pasar obligasi mendorong penurunan tajam untuk saham Selasa.

Investor juga menghadapi banyak data ekonomi Kamis dan awal dari pertemuan OPEC dua hari. Batch data tersebut termasuk pekerjaan ADP untuk November yang akan dirilis pada 8:15 pagi Waktu Timur, diikuti oleh klaim pengangguran mingguan, defisit perdagangan Oktober dan produktivitas kuartal ketiga dan biaya tenaga kerja unit, semua pada pukul 8:30 pagi. Timur.

Institute for Supply Management's nonmanufacturing index untuk November akan dirilis pada pukul 10 pagi Timur, bersama dengan pesanan pabrik Oktober dan survei layanan kuartalan untuk kuartal ketiga.
Apa yang dikatakan ahli strategi?

"Waktu penangkapan adalah kunci di sini. Pasar sudah sangat gugup atas perlambatan pertumbuhan ekonomi berkat kurva imbal hasil AS yang terbalik. Hubungan antara AS dan China seharusnya membaik setelah G-20 yang produktif. Namun, penangkapan itu berpotensi menghancurkan hubungan AS yang sangat rapuh - Sino yang akan membebani perdagangan global dan kekhawatiran pertumbuhan, "kata Jasper Lawler, kepala penelitian di London Capital Group, dalam sebuah catatan kepada klien.

Dan "meskipun ada aksi jual berat baru-baru ini, bagian bawah tidak terlihat dan pasar semakin jatuh. Perubahan besar akhir-akhir ini mewakili pasar yang sangat gelisah, "tambah Lawler.

Baca: Desember secara historis adalah waktu paling indah tahun ini untuk saham
Apa yang sedang dilakukan pasar lain?

Saham Asia turun tajam di seluruh papan, dengan sebagian besar kerugian memukul saham teknologi, dan Hong Kong Hang Seng Index HSI, -2,67% menanggung beban kerugian, jatuh hampir 3%. FTSE 100 UKX, -1,44% berjangka juga menunjuk ke penurunan pembukaan 1%.

Benchmark AS CLF9 mentah, -0,98% kehilangan 1,2% menjadi $ 52,25 per barel. Minyak mentah Brent LCOG9, -0,78% digunakan untuk harga minyak internasional, turun 0,8% menjadi $ 61,09, karena para pedagang menunggu kejelasan kemungkinan, tetapi jauh dari yakin, pemotongan produksi oleh produsen besar yang berkumpul di Wina.

OPEC akan mengadakan pertemuan resmi pada hari Kamis, dengan pertemuan penting lainnya antara anggota kelompok dan anggota nonanggota yang akan diadakan Jumat.

Harga emas GCG9, -0.17% diperdagangkan stabil, bersama dengan Indeks Dollar ICE DXY, + 0,15%

Intraday Data disediakan oleh SIX Financial Information dan tunduk pada ketentuan penggunaan. Data akhir-hari historis dan terkini yang disediakan oleh SIX Informasi Keuangan. Semua kutipan dalam waktu pertukaran lokal. Data penjualan terakhir real-time untuk stok AS

Komentar

x