Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 08:21 WIB

Opening Bell dan Live Trading

900 Profesi Pasar Modal Jebolan LP3M Investa

Oleh : Ahmad Munjin | Rabu, 5 Desember 2018 | 11:02 WIB

Berita Terkait

900 Profesi Pasar Modal Jebolan LP3M Investa
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - LP3M Investa adalah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang khusus dibidang Pasar Modal.

Diawali dari konsentrasi untuk mendidik calon-calon Profesi Pasar Modal WPPE, WMI, WPEE bekerjasama dengan Panitia Standar Profesi Pasar pada tahun 2001 yang saat itu kesediaan tenaga profesi pasar modal masih langka.

"Sampai saat ini LP3M Investa sudah meluluskan kurang lebih 900 orang yang bersertifikat profesi pasar modal dan menyebar dibeberapa perusahaan sekuritas diantaranya yang terbanyak," kata Hari Prabowo, Ketua LP3M Investa di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam perkembangannya, lembaga tetsebut melihat tidak kalah penting mendidik dan melatih para investor lokal yang diharapkan menjadi tulang punggung pasar modal.

Untuk itulah LP3M Investa saat ini lebih konsen mendidik dan melatih para investor baik yang sifatnya perorangan maupun institusi.

"Kami telah berkeliling di berbagai daerah untuk melakukan kegiatan tersebut mulai calon investor sampai investor investor yang sudah mempunyai pengalaman yang panjang. Kami melihat investor perlu dididik sehingga tidak hanya bermodal uang saja tetapi dibekali pengetahuan yang memadai. Selain itu kami ingin mendidik agar menjadikan investor local yang cerdas serta memahami hak-haknya sebagai pemegang saham publik," papar dia.

Pihaknya tidak ingin melihat investor lokal hanya menjadi "penggembira" saja yang masuk kepasar hura-hura, rugi dan lantas pergi lagi, tetapi menjadi Investor yang bisa benar-benar menghasilkan sesuai tujuan investasi. Bukan investor yang masuk ke bursa hanya ikut-ikutan hanya bermodal uang tanpa pengetahuan tentang investasi di pasar modal.

LP3M Investa tidak hanya mendidik dalam kelas dan selesai begitu saja, namun berkelanjutan sampai benar-benar praktek trading pada jam bursa riil.

"Guna mengakomodir para investor ini kami membuat wadah yang namanya Komunitas Investa yang anggotanya kurang lebih 1200 orang dari berbagai daerah Indonesia mulai Papua sampai Batam, Aceh serta terdiri dari berbagai lapisan masyarakat dan profesi," ujarnya.

Dengan demikian pihak LP3M Investa akan terus berusaha membantu pengembangan Pasar Modal kita khususnya melalui bidang edukasi kepada para investor khususnya yang tergabung dalam Komunitas Investa.

LP3M Investa sendiri berkantor di Semarang dengan 6 mentor yang semuanya telah mempunyai pengalaman panjang di Pasar Modal. [jin]

Komentar

x