Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 06:31 WIB

Pelemahan Kurs Guncang Kinerja Keuangan ATIC

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 4 Desember 2018 | 11:51 WIB

Berita Terkait

Pelemahan Kurs Guncang Kinerja Keuangan ATIC
(Foto: inilahcom/Fadil Dj)

INILAHCOM, Jakarta - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar AS ternyata menjadi mimpi buruk bagi PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC).

emiten yang bergerak di bidang penyediaan jasa teknologi informasi ini mengaku laba neto periode berjalan di Kuarta III-2018 anjlok 51%.

Direktur Independen ATIC Hendra Salim mengaku pelemahan nilai tukar ini cukup menyebabkan kinerja keuangan perusahaanya terguncang.

"Kerugian kurs dolar yang cukup berfluktuasi cukup mempengaruhi, karena hampir sebagian besar produk kita berasal dari impor, sehingga pembayarannya pakai dolar," kata Hendra usai Public Expose ATIC di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Asal tahu saja, pelemahan kurs yang terjadi sepanjang tahun memberikan dampak negatif kerugian selisih kurs yang menyebabkan penurunan laba neto periode berjalan menjadi sebesar Rp17 miliar pada akhir September 2018, jika dibandingkan periode September 2017 yang mendapatkan laba neto periode berjalan Rp35 miliar.

Maka dari itu untuk mengurangi kerugian yang lebih dalam akibat pelemahan mata uang garuda, perseroan berencana bakal melunasi utangnya dalam bentuk dolar. "Sekarang sisanya US$2 juta, kita mau lunasi karena tahun depan kita ketidapastian masih akan terjadi," kata Hendra.

Sementara dana yang digunakan untuk melunasi utang, Hendra mengaku bersumber dari obligasi yang telah diterbitkan pada bulan Juni lalu dan juga sebagian menggunakan kas internal perusahaan. [jin]

Komentar

x