Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 06:58 WIB

Wall Street Catat Awali Desember Terbaik

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 4 Desember 2018 | 06:15 WIB

Berita Terkait

Wall Street Catat Awali Desember Terbaik
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Bursa saham AS di Wall Street berakhir lebih tinggi pada hari Senin (3/12/2018). Dengan S & P 500 memiliki awal terbaik untuk Desember dalam delapan tahun, setelah AS dan China selama akhir pekan disebut gencatan senjata sementara untuk perang dagang mereka.

Genjatan sementara ini memicu pembelian bantuan dari aset berisiko yang dirasakan seperti ekuitas.Dow Jones Industrial Average DJIA, + 1,13% naik 287,97 poin, atau 1,1%, menjadi 25.826,43. S & P 500 SPX, + 1,09% naik 30,20 poin, atau 1,1%, menjadi 2,790.37. Itu adalah sesi pembukaan terkuat indeks topi besar untuk bulan Desember, persentase bijaksana, karena naik 2,16% pada 1 Desember 2010, menurut data FactSet.

Nasdaq Composite Index COMP, + 1,51% naik 110,98 poin, atau 1,5%, menjadi 7,441.51.

Kebuntuan perdagangan antara AS dan China melihat sebuah terobosan pada pertemuan G-20 di Argentina, sebuah pertemuan yang termasuk makan malam yang sangat dinanti-nantikan antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Tiongkok Xi Jinping.

Kedua belah pihak sepakat untuk memulai negosiasi untuk mengurangi ketegangan perdagangan dan mendiskusikan pemindahan teknologi secara paksa, perlindungan hak milik intelektual, hambatan non-tarif, dan masalah siber dan pertanian, di antara kekhawatiran lainnya.

Jika pembicaraan tersebut pada akhirnya tidak berhasil, tarif yang direncanakan untuk barang-barang Cina senilai $ 200 miliar akan meningkat menjadi 25% dari 10% saat ini, peningkatan yang akan terjadi pada awal 2019, tetapi sekarang akan tertunda setidaknya tiga bulan. China juga mengatakan akan membeli sejumlah besar barang pertanian, energi, dan industri AS.

Selain itu, dalam tweet akhir Minggu, Trump mengatakan China telah setuju untuk "mengurangi dan menghapus" tarif pada mobil AS, sekarang ditetapkan pada 40%.

Optimisme perdagangan dimasukkan ke aset lain, dengan minyak mentah CLF9, + 0,30% mengumpulkan lebih dari 4%, karena investor melihat ke depan untuk pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak pada hari Kamis. Keuntungan datang ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan selama akhir pekan bahwa Rusia dan Arab Saudi telah sepakat untuk memperpanjang kesepakatan untuk memangkas produksi minyak mentah.

Secara terpisah, Qatar mengatakan akan mengundurkan diri dari keanggotannya di OPEC pada 1 Januari 2019.

The New York Stock Exchange dan Nasdaq akan ditutup pada hari Rabu sebagai hari berkabung nasional akan diadakan untuk mengenang mantan Presiden George H.W. Semak. Pemakaman negara akan diadakan pada hari yang sama.

Markit merilis hasil terbaru dari jajak pendapat produsen, mengeluarkan pembacaan 55,3, tepat di bawah perkiraan konsensus 55,4, menurut FactSet. Pembacaan minimal 50 mengindikasikan peningkatan kondisi.

Indeks Institute of Supply Management PMI yang diawasi ketat naik menjadi 59,3, datang lebih baik dari ekspektasi ekonom sebesar 58,0, menurut polling MarketWatch dari para ekonom. Pembacaan juga lebih tinggi dari laporan 57,7 bulan lalu.

Pada saat yang sama, belanja konstruksi pada bulan Oktober adalah 0,1% lebih rendah dibandingkan pada bulan September, kata Departemen Perdagangan, yang lebih lemah dari ekspektasi untuk kenaikan 0,3% dari bulan September.

"Sangat mengecewakan melihat pasar mundur sedikit dari tempat terbuka," kata Timothy Chubb, kepala investasi dari Wealth Management Univest. "Tetapi jika Anda melihat kenaikan mengesankan minggu lalu, Anda dapat melihat bahwa banyak berita baik dihargai di masa depan," kata Chubb, mengacu pada investor umumnya percaya bahwa jeda pada tarif baru akan tercapai selama Trump-Xi puncak.

"Siapa yang tahu, Presiden Xi dan pihak berwenang China dapat menarik kelinci keluar dari topi melalui periode negosiasi baru ini dan mempromosikan cukup keyakinan bahwa perwakilan perdagangan AS secara permanen meninggalkan tarif pada $ 200 miliar pada 10%," kata Chris Weston, kepala penelitian di broker mata uang Pepperstone, dalam catatan untuk klien seperti mengutip marketwatch.com.

Tapi untuk saat ini, kata Weston, perkembangan perdagangan telah memicu "lega global" untuk pasar. Apakah itu berkelanjutan "sekarang akan turun ke data ekonomi karena melalui minggu dan apakah OPEC sekarang mengantarkan barang."

Pembuat mobil memperoleh setelah Trump tweeted bahwa China akan memotong tarif pada mobil AS, dengan Ford Motor Co. F, + 2,02% naik 2% dan General Motors Co. GM, + 1,32% naik 3,9%.

Perusahaan eksplorasi energi lebih kuat setelah perjanjian Putin-OPEC yang dilaporkan mengirim harga minyak lebih tinggi. Devon Energy Co DVN, + 6,44% naik 6,4%, Marathon Oil Corp MRO, + 5,15% menambahkan 5,2% dan Apache Corp APA, + 3,87% naik 3,9%.

Komentar

x