Find and Follow Us

Rabu, 22 Mei 2019 | 08:45 WIB

TOWR Terima Pengalihan Saham dari Protelindo

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 30 November 2018 | 00:15 WIB
TOWR Terima Pengalihan Saham dari Protelindo
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) sepakat melakukan transaksi saham pada 27 November 2018.

Isi kesepakatan tersebut antara lain perseroan menerima pengalihan hak atas saham dari Protelindo atas 1 saham PT Komet Infra Nusantara (KIN) yang mewakili 0,0001% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor KIN. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Kamis (29/11/2018).

Nilai pembelian 1 saham dalam KIN adalah sebesar Rp992. Dalam hal ini, Protelindo sebagai pemegang saham satu-satunya dari KIN mengalihkan sebagai sahamnya kepada pihak penerima pengalihan yaitu perseroan.

Protelindo dan perseroan dikarenakan KIN merupakan anak perusahaan yang dikendalikan perseroan. Dengan demikian konsolidasi KIN dalam grup SMN akan terus terjaga.

Ruang lingkup usaha TOWR adalah berusaha dalam bidang jasa kecuali jasa di bidang hukum dan pajak dan melakukan investasi pada perusahaan lain. Bidang usaha utama TOWR dan Anak Usaha adalah penyewaan menara dan pemancar. Saat ini, investasi utama Sarana Menara Nusantara Tbk adalah kepemilikan 99,999% atas saham yang beredar dari PT Profesional Telekomunikasi Indonesia ("Protelindo"), sehingga sebagian besar kegiatan usaha TOWR dijalankan oleh Protelindo.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Sarana Menara Nusantara Tbk, yakni PT Sapta Adhikari Investama (pengendali) (32,72%). Untuk saham PT Sapta Adhikari Investama dimiliki oleh PT Tricipta Mandhala Gumilang sebesar 51% dan PT Caturguwiratna Sumapala sebesar 49%.

Komentar

x