Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 07:36 WIB

Terbitkan Global Bond, Pertamina Bayar SB Rokan

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 29 November 2018 | 02:17 WIB

Berita Terkait

Terbitkan Global Bond, Pertamina Bayar SB Rokan
Direktur Keuangan‎ Pertamina Pahala Mansyuri - (Foto: Istimewa)

INILACOM, Jakarta - Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansyuri mengatakan, pihaknya berhasil dapat dana segar dari penerbitan global bond. Menurut Pahala dana itu sebesar US$750 juta.

Pahala menjelaskan, sedianya dana itu akan dipakai untuk membayar bonus tanda tangan atau signature bonus (SB) Blok Rokan. Penawaran global bond dilakukan di Singapura beberapa waktu lalu.

"Kami sudah dapat US$750 juta," kata Pahala, saat menghadiri Pertamina Energy Forum, di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Selain untuk membayar bonus tanda tangan Blok Rokan ke pemerintah, ada sebagian digunakan untuk investasi proyek lain. Sebab, penerbitan global bond untuk membiayai segala lini bisnis Pertamina.

"Kan sebetulnya untuk tujuan terbitkan global bond itu tidak kita tentukan untuk satu tujuan tertentu saja," kata dia.

Ke depan, Pertamina tidak memiliki rencana penerbitan global bond dalam waktu dekat. "Belum ada rencana untuk saat ini, kurang lebih sekitar 2 minggu lalu closingnya," ujar dia.

Diketahui, Pertamina ditunjuk sebagai pengelola Blok Rokan setelah kontrak Chevron Pacific Indonesia habis pada 2021, atas penetapan tersebut Pertamina harus membayar bonus tanda tangan US$785 juta dan juga menyetor US$50 juta atau10 persen dari Komitmen Kerja Pasti US$500 juta. [jin]

Komentar

x