Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 09:50 WIB

China Buru Artis Ingkar Pajak

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 11 November 2018 | 01:03 WIB

Berita Terkait

China Buru Artis Ingkar Pajak
(Foto: cnbc)

INILAHCOM, Beijing - Penyiar China dan situs hiburan online harus menghindari hype selebriti dan menindak pemirsa palsu dan klik-melalui tarif.

Demikian pernyataam Administras Nasional Radio dan Televisi pemerintah China. Dekrit itu muncul setelah Beijing memerintahkan bintang film A-list Fan Bingbing untuk membayar sekitar 884 juta yuan (US$129 juta) pajak dan denda, memacu diskusi luas tentang kesehatan moral industri film China.

Beberapa program membanjiri para selebritis, menghancurkan tatanan industri dan memimpin para remaja menjadi bintang dan uang penyembahan, kata kantor berita Xinhua, mengutip pemerintah.

"Stasiun radio dan televisi, bersama dengan penyedia layanan audio visual online, harus merusak konten vulgar, mempromosikan nilai-nilai sosialis inti dan menjauhkan anak-anak dari hiburan dan reality show," katanya seperti mengutip cncbc.com.

Penyedia juga harus mengurangi acara permainan, pertunjukan realitas dan kontes menyanyi yang menampilkan selebriti.

Dalam sebuah surat yang diposting di akun resminya di platform Twitter seperti Weibo bulan lalu, Fan mengatakan dia akan mengatasi "semua kesulitan" untuk membayar hukumannya.

"Saya malu dengan perilaku saya dan saya minta maaf di sini untuk semua orang," tulis Fan. "Setiap bagian dari pencapaian saya tidak dapat dipisahkan dari dukungan negara dan rakyat. Tanpa kebijakan baik Partai Komunis dan negara, tanpa cinta rakyat, tidak ada Fan Bingbing."

Komentar

x