Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 09:23 WIB
Hightlight News

Inilah Alasan Fed Pertahankan Suku Bunga

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 9 November 2018 | 05:45 WIB

Pasar dan The Fed Beda Jalur

Abaikan Gejolak Pasar?

Pasar dan The Fed Beda Jalur

Pejabat Fed pada pertemuan September menunjuk tiga kenaikan tahun depan, tetapi pasar saat ini hanya menetapkan dua. Proyeksi September menunjukkan setidaknya satu kenaikan lagi pada 2020, yang juga tidak dilihat oleh pasar.

Kesenjangan itu penting karena sesi FOMC minggu ini menandai terakhir kalinya Powell tidak akan mengadakan konferensi pers sesudahnya. The Fed belum menaikkan suku selama siklus saat ini pada pertemuan ketika ketua tidak mengambil pertanyaan sesudahnya.

Mulai bulan Januari, Powell akan mengadakan konferensi setelah setiap delapan pertemuan komite setiap tahun. Itu membuat setiap pertemuan "hidup" dalam hal potensi untuk pergerakan kurs, baik naik atau turun.

"Kenaikan suku bunga Desember tampaknya menjadi peristiwa yang mungkin terjadi pada titik ini, tetapi pandangan ke depan sangat berbeda karena pasar dan the Fed memiliki pandangan yang berbeda tentang berapa banyak kenaikan suku bunga di kartu untuk tahun depan," kata Charlie Ripley, senior ahli strategi investasi di Allianz Investment Management.

Seiring dengan pergerakan Kamis untuk mempertahankan suku bunga acuan berlabuh di level saat ini, panitia memilih untuk mempertahankan suku bunga the Fed membayar kelebihan cadangan bank sebesar 2,2 persen.

Pelaku pasar telah mengamati tingkat IOER, karena digunakan sebagai panduan untuk tingkat dana. Kedua tingkat sekarang sama persis, dan jika ada penampilan bahwa cadangan semakin langka dalam sistem perbankan dan menaikkan tingkat suku bunga, yang dapat menyebabkan The Fed untuk menghentikan limpasan neraca.

Bank sentral mengizinkan tingkat tertutup dari US$50 miliar dalam hasil untuk melarikan diri setiap bulan dari portofolio obligasi yang dibeli selama upaya untuk merangsang perekonomian. Beberapa pelaku pasar memperkirakan Fed akan menyetujui kenaikan 20 basis poin untuk suku bunga IOER pada bulan Desember 2017.

Ini sebagai cara untuk menjaga agar suku bunga tidak terlalu dekat dengan batas atas kisarannya. Tingkat bunga 2,2 persen saat ini hanya 5 basis poin dari batas atas kisaran.

1 2

Komentar

x