Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 08:41 WIB

Momentum Rupiah untuk Bergerak Gagah

Oleh : Ahmad Munjin | Kamis, 8 November 2018 | 08:07 WIB

Berita Terkait

Momentum Rupiah untuk Bergerak Gagah
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Analis memperkirakan, laju rupiah Kamis (8/11/2018) berada di kisaran 14.610-14.562 per dolar AS.

"Pergerakan rupiah yang kembali melanjutkan kenaikan diharapkan masih dapat bertahan seiring masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri yang juga diikuti oleh meredanya permintaan akan dolar AS seiring dengan hasil pemilu pertengahan AS di mana Partai Demokrat menguasai DPR dan Partai Republik menguasai Senat," kata Reza Priyambada, analis senior CSA Research Institute di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Dengan kondisi tersebut, lanjut dia, pergerakan rupiah seharusnya kembali berkesempatan untuk menguat dengan memanfaatkan pelemahan dolar AS. "Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," ujarnya seraya mewanti-wanti.

Kemarin, lebih jauh Reza menjelaskan, membaiknya sejumlah data ekonomi yang kali ini berasal dari perkiraan membaiknya cadangan devisa memberikan sentimen positif pada pergerakan rupiah.

"Tidak hanya itu, adanya imbas dari pembatasan import dan mulai diberlakukannya transaksi Non-Deliverable Forward di mana pelaku usaha dapat melakukan transaksi forward dengan mekanisme fixing (tanpa pemindahan dana pokok) yang dilakukan di pasar domestik turut membantu terapresiasinya rupiah," papar dia.

Selain itu, kata dia, kenaikan tersebut juga dipengaruhi menurunnya laju dolar AS jelang pemilu pertengahan AS.

"Adanya harapan sekaligus perkiraan Partai Demokrat akan memenangi pemilu tersebut membuat permintaan atas aset safe haven yang diantaranya dolar AS berkurang sehingga berimbas pada pelemahan. Tentunya kondisi ini memberikan kesempatan pada rupiah untuk dapat bergerak positif," imbuhnya. [jin]

Komentar

Embed Widget
x