Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 13:54 WIB

OJK-APEI Tawar Menawar Porsi Penjatahan Terpusat

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 6 November 2018 | 16:08 WIB

Berita Terkait

OJK-APEI Tawar Menawar Porsi Penjatahan Terpusat
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera menerbitkan peraturan terkait pemesanan saham perdana melalui elektronik ataue-bookbuilding.

Hanya saja, masih terdapat perbedaan pendapat antara OJK dan APEI (Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia) terkait besaran porsi persentase di penjatahan terpusat ataupooling.

Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen, pihaknya akan melakukan pembicaraan dengan perwakilan perusahaan efek untuk menemukan titik temu besaran persentase penjatahan terpusat.

"Sedang diatur waktunya pertemuan dengan APEI dan permintaan mereka akan kita pertimbangkan," ujar Hoesen di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, perbedaan pandangan dengan APEI hanya terkait besaran angka persentase penjatahan terpusat semata. Sedangkan terkait mekanisme proses pemesanan saham di pasar primer telah disepakati.

"Kan bisa mulai dari 10% dan seterusnya. Tapi nilainya bisa dirubah kapan pun," kata dia.

Sebelumnya, Komite Ketua APEI, Octavianus Budiyanto mengatakan, kisaran 2,5% hingga 12,5% pada tahap awal dianggap terlalu besar. Pasalnya, daya serap investor ritel terhadap saham perdana masih menjadi pertanyaan.

"Kita lihatlah jangan terlalu besar. Sebab kalau terlalu besar takutnya tidak ada yang ambil dan pada gilirannya akan menjadi beban penjamin pelaksana emisi efek," kata dia. [jin]

Komentar

x