Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 08:48 WIB

Tenang, Pekan Ini Tak Ada Kejutan dari The Fed

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 6 November 2018 | 08:11 WIB

Berita Terkait

Tenang, Pekan Ini Tak Ada Kejutan dari The Fed
(Foto: ist)

INILAHOM, New York - The Federal Reserve pekan ini akan tetap tenang tentang volatilitas baru-baru ini di pasar keuangan. Hal ini setelah pertemuan kebijakan dua hari mereka.

Seorang ekonom mengatakan bank sentral AS ini terus menandakan kebijakan lanjutan, bertahap terhadap kenaikan suku. "Beberapa orang mungkin ingin The Fed untuk mengisyaratkan tentang hal itu, tetapi bank sentral tidak akan mengatakan itu memiliki pikiran kedua. Tidak kali ini. Mereka harus menunggu untuk melihat bagaimana hal-hal bergerak," kata Nathaniel Karp, kepala ekonom di BBVA Compass, seperti mengutip marketwatch.com.

Dow Jones Industrial Average DJIA, + 0,76% turun 7,6% pada bulan Oktober, persentase penurunan satu bulan terbesar sejak Mei 2010. Indeks S & P 500 SPX, + 0,56% turun 9,4% untuk bulan ini.

"The Fed perlu muncul bahwa merekalah yang menerbangkan pesawat. Pasar tidak bisa mendikte apa yang akan dilakukan Fed," kata Karp.

Richard Moody, kepala ekonom di Regions Financial Corp di Birmingham, setuju: "Pandangan kami adalah bahwa FOMC tidak, setidaknya belum, tidak nyaman dengan pengetatan dalam kondisi keuangan yang disebabkan oleh harga ekuitas yang lebih rendah."

Setelah dua hari pembicaraan, Fed akan merilis pernyataan kebijakan pada hari Kamis (8/11/2018) jam 2 siang. Timur. Ini adalah pertemuan FOMC terakhir tanpa konferensi pers resmi dengan Ketua Fed, Jerome Powell.

Beberapa analis mengatakan komentar Powell pada awal Oktober bahwa "kita jauh dari netral" adalah pemicu bagi aksi jual pasar.

Roberto Perli, mitra di Cornerstone Macro, dan mantan ekonom di The Fed, mengatakan pernyataan itu tidak akan mencoba untuk mengembalikan apa pun.

Peril mengatakan pernyataan Fed tidak dapat menulis ulang komentar Powell karena itu benar. Secara keseluruhan, pengamat Fed mengharapkan sedikit baru dalam pernyataan kebijakan, mengharapkan bank sentral untuk mengulang kegiatan ekonomi "telah meningkat pada tingkat yang kuat."

"The Fed tidak memiliki banyak pekerjaan yang perlu dilakukan pada pernyataan untuk mempersiapkan pasar untuk bulan Desember. Mereka dapat menyepakatinya jika mereka mau," kata Omair Sharif, seorang ekonom di Societe Generale di New York.

Selama pertemuan, pejabat Fed berharap untuk mendiskusikan ukuran yang sesuai dari neraca keuangannya. The Fed telah perlahan-lahan menyusutkan neraca, yang sekarang mencapai US$4,1 triliun dari US$4,5 triliun.

The Fed telah membiarkan hingga US$50 miliar dari kepemilikan obligasi bergulir setiap bulan. Investor mencari petunjuk kapan bank sentral akan berhenti.

Mendasari keputusan ini adalah apakah Fed ingin terus menggunakan sistem operasi "lantai" saat ini yang menggunakan bunga atas kelebihan cadangan sebagai batas atas. Sebelum krisis, Fed menggunakan sistem "koridor" dari cadangan langka.

Tidak ada kesimpulan konkret dari diskusi yang diharapkan, kata Lou Crandall, kepala ekonom di Wrightson ICAP. Ringkasan diharapkan di menit dari pertemuan minggu ini yang akan dirilis pada 29 November.

The Fed juga diperkirakan akan melakukan penyesuaian kedua untuk instrumen cadangan bunga-untuk-kelebihan untuk mengangkat suku bunga, tetapi ini tidak diharapkan akan terjadi hingga Desember, kata Crandall.

Pada bulan Juni, Fed menaikkan IOER hanya dengan 20 basis poin daripada 25 pada bulan Juni.

Ini untuk menjaga suku bunga fed fund yang efektif di tengah-tengah kisaran kebijakannya. Kombinasi faktor mendorong tingkat dana efektif ke arah atas kisaran. Beberapa analis mengatakan ini adalah tanda lain bahwa Fed mungkin harus berhenti menyusutkan neraca karena cadangan semakin langka.

Tapi bulan lalu, Simon Potter, kepala kelompok pasar di New York Fed, mengatakan dia tidak berpikir tekanan ke atas pada tingkat dana federal yang efektif adalah tanda neraca yang menyusut perlu dihentikan.

Komentar

Embed Widget
x