Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 09:33 WIB

Inilah Penghambat Kenaikan Dolar AS

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 6 November 2018 | 06:23 WIB

Berita Terkait

Inilah Penghambat Kenaikan Dolar AS
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, New York Dolar AS diredam pada awal pekan yang sibuk, dengan pelaku pasar menunggu pemilihan paruh waktu pada hari Selasa dan kesimpulan dari pertemuan kebijakan Federal Reserve pada hari Kamis pekan ini.

Di atas itu, sanksi terhadap Iran mulai berlaku Senin (5/11/2018). The buck, diukur dengan Indeks Dolar AS ICE DXY, -0,05% adalah sedikit lebih lemah, turun 0,2% pada 96,311. Pembacaan yang lebih kuat dari yang diantisipasi pada indeks nonmanufaktur Oktober ISM tidak berhasil mengangkat indeks dari kisaran perdagangan yang agak ketat. Sebagian karena diikuti pembacaan yang lebih kuat pada bulan September ketika indeks ISM mencapai tertinggi 21 tahun .

Demokrat diharapkan untuk secara sempit memenangkan kendali DPR dalam pemungutan suara hari Selasa, sementara Partai Republik kemungkinan akan mempertahankan mayoritas tipis di Senat, jika jajak pendapat terlambat adalah indikasi. Tapi membayangi prediksi ini adalah kenyataan bahwa banyak jajak pendapat mendapat panggilan pemilihan presiden 2016 salah.

Hasil akan jatuh tempo pada hari Selasa, meskipun menunggu hasil konklusif dapat meregang hingga jam-jam awal Rabu dan seterusnya.

Jangan lewatkan: Bagaimana para pedagang berpikir tentang bertaruh dolar menjelang pemilihan tengah semester, the Fed

Baca: Banteng pasar saham berharap ujian tengah semester menghidupkan kembali momentum kenaikan

"Kongres yang terbagi akan membuat lebih sulit bagi presiden AS untuk meloloskan undang-undang yang dia inginkan dan ini akan menjadi katalis bearish untuk mata uang AS, terutama menjelang akhir tahun," kata Konstantinos Anthis, kepala penelitian di ADSS, dalam sebuah catatan untuk klien. "Namun demikian, sampai kita mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa hasil pemilihan akan, greenback harus melanjutkan dengan nada positif yang sama."

Pernyataan Fed hari Kamis juga akan diawasi ketat, meskipun bank sentral diperkirakan akan meninggalkan kebijakannya tidak berubah dalam mendukung kenaikan suku bunga yang sangat diantisipasi pada bulan Desember.

Di tempat lain, pound GBPUSD Inggris, + 0,0920% naik lebih tinggi pada hari Senin, didorong oleh laporan di The Sunday Times bahwa Perdana Menteri Theresa May telah mengamankan kesepakatan pabean dengan Uni Eropa. Kesepakatan ini akan menghindari perbatasan keras yang ditakuti antara Irlandia Utara dan Republik Irlandia.

May juga sedang dalam proses menyusun perjanjian untuk kesepakatan perdagangan bebas dengan Uni Eropa, menurut laporan itu.

"Pergeseran dalam sikap para peserta terhadap kompromi yang lebih besar yang akan mengarah pada Brexit yang 'lebih lembut' pasti akan positif untuk pound," kata Marshall Gittler, kepala strategi di ACLS Global seperti mengutip marketwatch.com.

Sterling melonjak ke level tertinggi $ 1,3064 pada awal perdagangan Senin, sebelum mengoreksi sebagian kenaikannya ketika indeks pembelian manajer layanan Oktober meleset dari ekspektasi. Indeks berada di 52,2 bulan lalu, dibandingkan perkiraan 53,3. Pembacaan minimal 50 mengindikasikan peningkatan kondisi.

Pound terakhir dibeli $ 1,3045 naik dari $ 1,2966 pada akhir Jumat di New York. Sterling juga menguat terhadap euro EURGBP, -0,1029% dengan mata uang bersama membeli 0,8750, turun 0,4%.

Terhadap dolar, euro EURUSD, + 0,0263% diperdagangkan pada $ 1,1416, naik dari $ 1,1388 pada akhir Jumat di New York.

Komentar

x