Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 13:31 WIB

Dana Pensiun tak Tenar Investasi di Pasar Modal

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Kamis, 1 November 2018 | 13:01 WIB

Berita Terkait

Dana Pensiun tak Tenar Investasi di Pasar Modal
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) menyelenggarakan seminar.

Seminar tersebut bertema "Sinergi ADPI dan BEI Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Dana Pensiun Melalui Investasi pada Saham", di Main Hall BEI, Kamis (1/11/2018).

Acara ini bertujuan memberikan pemahaman secara mendalam kepada para pengelola Dana Pensiun tentang karakteristik, potensi, dan risiko investasi saham di BEI, pasalnya saat ini porsi penggunaan dana pensiun untuk berinvestasi di tanah air masih sangat kecil.

Ketua ADPI Suheri bilang kepedulian masyarakat untuk menggunakan dana pensiunnya untuk berinvestasi di pasar modal memang tidak begitu tenar.

"Awareness (kepedulian)itu kurang jadi tidak paham, padahal jangka panjang (instrumen investasi di pasar modal)," kata Suheri di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Menurut dia, pemanfaatan dana pensiun untuk melakukan investasi saham saat ini bervariasi dari nol hingga 70%. Namun secara industri nilai idealnya dinilai berada di level 35%, di Indonesia sendiri pemanfaatan dana pensiun untuk berinvestasi di pasar modal baru 11,9%.

Saat ini alokasi dana investasi dana pensiun paling besar masih berada di instrumen deposito, yakni rata-ratanya mencapai 26%, di luar SBN yang diwajibkan 30%. Sisanya dibagi dalam instrumen lainnya seperti reksa dana, obligasi korporasi dan lain-lain. [jin]

Komentar

x