Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 14:01 WIB

Baru 11 Persen Porsi Dana Pensiunan di Pasar Modal

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Kamis, 1 November 2018 | 12:41 WIB

Berita Terkait

Baru 11 Persen Porsi Dana Pensiunan di Pasar Modal
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meminta kepada pengelola dana pensiun (dapen) untuk memperbesar porsi investasi di pasar saham. Sebab, selama ini dapen yang masuk ke pasar saham masih sangat kecil, angkanya sekitar 11%.

"Terakhir hanya 11,91% dari total dana kelolaan yang saat ini lebih dari Rp250 triliun," kata Direktur Pengembagan BEI Hasan Fawzi, di Gedung BEI Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Melihat angka tersebut, Hasan mengakui bahwa pemanfaatan dapen untuk berinvestasi bagi masyarakat Indonesia ternyata tidak begitu menggiurkan, padahal lanjut Hasan di belahan dunia lain investasi dengan memanfaatkan dana pensiun cukup besar.

"Tempat lain di global itu bisa sampai 50%," ucapnya.

Menurut dia, potensi peningkatan ini masih terbuka lebar mengingat saat ini berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dana pensiun bisa menempatkan dana kelolaannya di 17 instrumen investasi, dan salah satunya adalah bursa saham.

"Kalau menurut aturan kan 30% memang harus diSBN, kita incar sisanya ini bisa juga ditempatkan ke instrumen saham," imbuh dia.

Untuk itu, bursa melakukan inisiatif dengan mengundang Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) untuk menyosialisasikan potensi investasi di investasi saham untuk dana pensiun. Targetnya, dana pensiun bisa mengubah paradigma investasinya dari dana kelolaan jangka pendek menjadi jangka menengah dan panjang. [jin]

Komentar

x