Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 14:10 WIB

Rupiah Letoi Lagi Terkoreksi Pasar Saham Paman Sam

Selasa, 30 Oktober 2018 | 11:45 WIB

Berita Terkait

Rupiah Letoi Lagi Terkoreksi Pasar Saham Paman Sam
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada pembukaan Selasa (30/10/2018), sempat melemah 20 poin menjadi Rp15.225 per US$. Kemarin berada di level Rp15.205 per US$.
Pemelahan mata uang Garuda ini diduga lantaran efek dari terkoreksinya pasar saham Amerika Serikat (AS) yang memantik penguatan dolar AS (US$).
Kata ekonom Samuel Sekuritas, Ahmad Mikail, mata uang dolar AS, cenderung menguat terhadap sejumlah mata uang dunia, termasuk rupiah. Hal ini disebabkan berlanjutnya koreksi yang terjadi di pasar saham AS. "Koreksi yang terjadi di pasar saham AS itu mendorong investor memindahkan investasinya ke aset berdenominasi dollar seperti obligasi," kata Samuel.
Penguatan US$ ini, kata Samuel, berimbas negatif terhadap pasar valas domestik. Alhasil, pemilik duit gede memindahkan dananya untuk berburu US$. Nah, imbasnya ya itu tadi, pelemahan nilai tukar mata uang dunia, termasuk rupiah. Di mana pergerakannya di rentang Rp15.200-Rp15.250 per dolar AS.
Analis senior CSA Research Institute, Reza Priyambada mengatakan, pergerakan rupiah belum banyak mengalami perubahan. Masih berada di level Rp15.200-an per US$. "Masih belum adanya sejumlah sentimen positif yang dapat direspon oleh pelaku pasar membuat laju rupiah cenderung melanjutkan pergerakan melemahnya," katanya.
Ia menambahkan adanya penilaian likuiditas perbankan kian semakin ketat turut menahan pergerakan mata uang rupiah. [tar]

Komentar

x