Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 13:40 WIB

Tahun 2019, BEI Incar Transaksi Capai Rp9 T

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 25 Oktober 2018 | 11:53 WIB

Berita Terkait

Tahun 2019, BEI Incar Transaksi Capai Rp9 T
(Foto: Inilahcom/Fadil Djailani)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019 mendatang menargetkan rata-rata nilai transaksi harian saham (RNTH) mencapai Rp9 triliun.

Keputusan target tersebut dicapai usai BEI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Gedung BEI, Jakarta Rabu (25/10/2018).

"Pada tahun depan kita targetkan nilai transaksi harian di bursa akan mencapai Rp9 triliun, selama 244 hari bursa," kata Direktur Utama BEI Inarno Djajadi.

Inarno bilang target tersebut didasarkan pada asumsi stabilitas ekonomi Indonesia di atas 5%, kemudian adanya proyeksi peningkatan jumlah partisipasi dan aktivitas transaksi investor di tahun depan, sampai dengan meningkatnya jumlah Perusahaan Tercatat di BEI dari jumlahnya saat ini yang telah mencapai lebih dari 600 Perusahaan Tercatat.

Lebih lanjut Inarno bilang, target RNTH ini juga didasari dari beberapa kegiatan yang akan berjalan, yakni rencana implementasi percepatan siklus penyelesaian transaksi yang semula 3 (tiga) hari menjadi 2 (dua) hari pada kuartal ke-empat 2018, adanya layanan pendanaan efek oleh PT Pendanaan Efek Indonesia, serta implementasi program OJK - SRO dalam hal Simplikasi Pembukaan Rekening Efek.

Asal tahu saja nilai transaksi saham harian BEI pada tahun ini ditargetkan sekitar Rp8 triliun, namun dari data BEI rata-rata nilai perdagangan harian hanya sekitar Rp6,9 triliun.

"Kita optimis RNTH yang Rp9 triliun akan tercapai, karena banyak faktor seperti implementasi percepatan siklus penyelesaian transaksi yang semula 3 hari menjadi 2 hari," kata Inarno. [hid]

Komentar

x